Get your FREE
sample now!
Gimana Menghadapi Anak Dengan Haid Pertamanya

Gimana Menghadapi Anak Dengan Haid Pertamanya?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Walaupun sama-sama mengalami menstruasi di usia muda, kadang bingung ya moms kalau menghadapi kami, anak perempuan yang baru pertama kali menghadapi menstruasi pertama? Harus gimana? Berikut contekannya!

Jujur aja sih, kami akan ngerasa kaget dan clueless juga saat mengalami menstruasi (haid), dan mungkin hal-hal ini bisa jadi masukkan tentang apa aja yang perlu disiapkan sama para Moms yang lagi menghadapi masa-masa menstruasi pertama anak perempuannya.

SEBELUM MEMASUKI MASA HAID

Normalnya, masa puber anak perempuan bakal lebih cepat daripada anak laki-laki, yaitu di antara usia 10-13 tahun. Tapi perlu diketahui juga kalau masa puber datang di waktu yang berbeda-beda, bisa lebih cepat atau lebih lambat, dan menstruasi (haid) bukanlah satu-satunya tanda awal dari masa puber. Anak perempuan yang akan memasuki masa puber akan mengalami beberapa perubahan dari segi fisik dan psikis, misalnya kayak sinyal yang dikirim dari otak untuk mengaktifkan hormon pengendali kelenjar-kelenjar saat udah memasuki masa remaja, juga perubahan dari sisi emosional yang bikin anak perempuan jadi lebih moody.

What to prepare:

Siapkan obrolan tentang pubertas. Saat masuk ke usia puber, pastinya kami perlu banget buat tau apa aja sih tahapan pubertas yang bakal berpengaruh di tubuh remaja. Jadi, akan lebih mudah buat kami untuk lebih terbuka kalau orangtua bisa ngejelasin beberapa hal yang bisa kita siapkan buat memasuki masa pubertas, misalnya soal perubahan fisik kayak pertumbuhan payudara, lekuk pinggang, tumbuh rambut di beberapa area tubuh, dan sebagainya. Seenggaknya pubertas nggak akan bikin kita kaget.

Iya, kita perlu tau tentang menstruasi (haid). Selain perubahan bentuk tubuh, salah satu yang bikin kita kaget dan clueless banget adalah saat darah menstruasi muncul tiba-tiba. Ini pengalaman yang baru banget buat kami, dan rasanya akan menenangkan banget kalau Moms bisa ngejelasin soal menstruasi (haid) pada kami sebelum kami benar-benar mengalaminya. Misalnya, kenapa bisa terjadi menstruasi, apakah menstruasi bikin sakit, harus apa kalau menstruasi (haid) datang saat nggak di rumah, dan sebagainya. Kalau susah, Moms bisa merekomendasikan website atau media sosial dengan informasi lengkap seputar menstruasi (haid) seperti Happifyourworld.com kok!

SAAT MEMASUKI MASA HAID

Masa menstruasi bisa jadi momen paling mengerikan, apalagi buat kami yang masih baru mengalaminya, Moms! Tiba-tiba nyeri perut dan pegal, payudara kami juga sakit, tiba-tiba harus dikagetkan sama darah yang tiba-tiba muncul. Beneran, hal ini bisa bikin kami malu banget apalagi saat teman-teman yang lain belum menstruasi (haid) juga. Bingung apa aja yang harus disiapkan dan segan banget buat cerita.

What to prepare:

Info detail soal menstruasi dan yakinkan kalau ini adalah hal yang normal. Kalau di awal puber udah dikasih informasi yang lengkap, bakal lebih mudah buat kami begitu tiba-tiba memasuki masa menstruasi (haid). Misalnya apa aja yang harus kami siapkan, gimana cara memasang dan mencuci pembalut, harus apa saat tembus, dan sebagainya. Pastinya, kami nggak akan malu atau takut hanya karena ada darah keluar dari vagina, juga akan merasa senang memasuki fase sebagai remaja.

Perlengkapan selama menstruasi (haid). Karena kami termasuk baru dalam menghadapi menstruasi (haid), moms bisa kok merekomendasikan perlengkapan dan rutinitas yang sekiranya bisa ngebantu kita buat melewati masa-masa menstruasi (haid). Misalnya, cara buat mengurangi nyeri PMS, dan juga pembalut yang tepat untuk remaja seperti Softex Comfort Slim, pembalut slim non-gel yang mampu menyerap cepat sehingga cepat kering, nggak lembap, dan nggak perlu khawatir bocor.

SETELAH MEMASUKI MASA MENSTRUASI

‘Drama’ pubertas nggak melulu berhenti di urusan menstruasi (haid) aja, karena masih banyak banget hal penting yang harus kami tau, dan pastinya kami pingin bimbingan itu datang dari para moms. Karena pastinya, udah beda banget kan sama saat kita masih anak-anak.

What to prepare:

Pendidikan seks. Hal ini mungkin nggak bisa lepas dari fase puber kami. Mengetahui pendidikan seks sejak dini akan bikin kami lebih aware tentang semua hal yang berhubungan tentang organ intim, funginya, dan juga apa aja batasannya. Selain itu, kami bisa terlindungi dari pelecehan seksual, mencegah peilaku seks bebas, penyakit menular seksual, hingga kehamilan yang terlalu dini dan nggak diinginkan.

Nah, buat membantu moms mempersiapkan para anak perempuan dalam menghadapi menstruasi (haid) pertama, kini ada Softex Comfort Slim 911 First Period Kit, yang dikemas dalam tas cantik, berisi:

  • Rangkaian produk Softex Comfort Slim dengan varian lengkap (pembalut pendek dan panjang).
  • First Period Guide Book, buku panduan untuk putri Moms tentang pubertas dan tips menghadapi menstruasi pertama di dalam ataupun di luar rumah agar mereka tidak panik.
  • Sanitary pouch yang sangat berguna untuk membawa kebutuhan mereka saat haid.
article-image

Nah, ada good news nih moms! Dapatkan Softex Comfort Slim 911 First Period Kit ini dengan harga yang super terjangkau lewat promo 11.11 di official store Softex di e-commerce kesayangan, Promo Blibli, Promo JD.ID, Promo Tokopedia, Promo Shopee, Promo Lazada.

Selain itu, yuk ajak putri Moms untuk mencari informasi lebih banyak seputar pubertas dan tips menghadapi menstruasi di website: www.happifyourworld.com

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.