Get your FREE
sample now!
Emang Bener Ya Vaksin Covid19 Bisa Mengubah Siklus Menstruasi

Emang Bener Ya Vaksin Covid-19 Bisa Mengubah Siklus Menstruasi?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Sejauh ini, secara umum efek samping yang dirasakan setelah kita menerima vaksin Covid-19 itu biasanya demam, sakit kepala, dan nyeri di bekas suntikan. Namun ternyata ditemukan nih beberapa laporan yang merasakan perubahan sementara siklus menstruasi pasca mendapatkan vaksin AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna. Perubahan yang dirasakan diantaranya adalah darah haid yang lebih banyak dari biasanya, siklus haid yang terlambat, nyeri yang berlebihan, atau darah haid yang keluar lebih dari seminggu.

Di Inggris sendiri saat ini ada sekitar 27 ribu laporan yang masuk tentang efek samping menstruasi yang dialami setelah vaksinasi Covid-19. Laporan tersebut melaporkan bahwa haid lebih banyak dari biasanya, jadwal menstruasinya tertunda, dan pendarahan vagina secara tidak terduga.

article-image

Photo by Chokniti Khongchum from Pexels

Walaupun begitu, perubahan siklus menstruasi belum bisa dicantumkan sebagai efek samping penerimaan vaksin bagi perempuan. Peneliti masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan antara siklus menstruasi dan vaksin Covid-19. Sampai saat ini, kesimpulan yang didapatkan adalah gangguan menstruasi bersifat sementara dan maksimal 1-2 siklus yang berubah. Selain itu, tidak ditemukan juga gangguan terhadap kesuburan pasca vaksinasi.

Bagi kamu yang belum menerima vaksin juga tidak perlu khawatir! American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan bahwa vaksin boleh kok didapatkan oleh perempuan karena manfaat vaksin Covid-19 lebih tinggi daripada efek sampingnya.

article-image

Photo by Yan Krukov from Pexels

Yang perlu kamu ketahui adalah perubahan siklus haid itu banyak faktornya alias bisa dipengaruhi oleh banyak hal dari usia, penyakit tertentu, menjalani aktivitas fisik yang berat, sampai tingkatan stress yang kamu punya. Nah, tingkat stress itu juga bisa meningkat jika kamu khawatir terpapar Covid-19 atau takut terhadap jarum saat melakukan vaksinasi. Seperti itulah informasi terakhir yang ada seputar pengaruh vaksin COVID-19 buat siklus menstruasi yang kita punya. Jadi, jangan khawatir untuk menerima vaksin Covid-19 ya!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30