Get your FREE
sample now!
7 Pilihan Teh Alami untuk Atasi Kram Menstruasi Yuk Simak

7 Pilihan Teh Alami untuk Atasi Kram Menstruasi, Yuk Simak!

Author 1 Last Updated 05/20/2024 2min

  1. Kayu Manis

    Ternyata teh kayu manis bisa membantu mengurangi sakit saat menstruasi karena mengandung zat antikoagulan dan anti-peradangan. Teh ini bisa mengatur suhu dan mencegah kedinginan dimana menjadi salah satu penyebab kram perut.

    Dilansir Traditional Mexican Medicine, UNAM, minum teh ini dua kali sehari sebelum siklus menstruasi kamu dimulai untuk atasi sakit menstruasi. Kamu bisa menggunakan kayu manis bubuk, stik atau kantong teh. Selain itu, kayu manis bisa diolah sebagai salah satu bahan dalam masakan kamu.

    Teh kayu manis adalah salah satu “penyelamat” untuk kram perut yang mudah ditemukan di rumah. Jenis teh ini bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi pertumbuhan bakteri seperti Candida.

     

  2. Bunga Lawang

    Dibalik aromanya yang khas, ternyata bunga lawang bisa meringankan kram perut lho! Teh bunga lawang mampu meredakan kram perut intens dengan berperan sebagai analgesik yang merawat kram perut atau bagian abdomen.

    Teh ini juga mampu menenangkan. Waktu terbaik konsumsi teh bunga lawang selama enam atau delapan jam saat menstruasi. Kamu juga bisa menambahkannya dalam olahan makanan agar aromanya makin khas dan mewah!

    Siapkan teh bunga lawang sebelum memulai hari kamu. Cukup tambahkan beberapa buah pada satu liter air putih dan rebus selama lima menit. Kombinasikan dengan bahan alami tanpa aroma khas seperti chamomile. Happy relaxing, Babes!

     

  3. Jahe

    Tidak ada seperti teh jahe yang mampu meredakan kram. Tumbuhan ini adalah superfood karena komponen didalamnya adalah anti-peradangan dan mengatur menstruasi. Akar jahe mengandung gingerol yang mencegah pembentukan citokin, protein yang menyebabkan rasa sakit.

    Teh jahe penting dikonsumsi saat gejala awal sakit menstruasi muncul. Reaksi ini menghambat sel inflamasi. Maka dari itu, teh jahe cocok untuk mengatasi sakit menstruasi.

    Untuk menyiapkan teh dengan akar jahe ini, kamu bisa memotong beberapa buah jahe dan rendam pada air hangat selama sepuluh menit. Perubahan akan terasa jika kamu rutin meminumnya. Konsultasi pada dokter jika kamu memiiki penyakit ginjal sebelum mengonsumsi jahe.

     

  4. Mint

    Atasi kram dan kejang dengan teh daun mint. Bahan alami ini bisa mengatasi kram perut sementara, merangsang dan membantu sakit perut dengan peran antispasmodik didalamnya seperti dilansir dari Atlas of Medicinal Plants, UNAM.

    Teh daun mint juga bisa mengatasi rasa tidak nyaman secara langsung karena antispasmodik tersebut. Jika kamu tidak terlalu suka aromanya, ambil beberapa daun dan rendamlah saat mandi untuk meredakan kejang perut.

    Bahan alami ini dapat menenangkan rasa sakit dan melakukan stimulasi system saraf. Untuk itu kenapa kamu harus meminum the daun mint. Karena bisa menimbulkan efek ngantuk, jadi coba konsumsi sebelum tidur ya!

     

  5. Chamomile

    Siapa sih yang tidak tahu bahan alami serbaguna ini? Chamomile memiliki peran sebagai penenang dan anti-peradangan dimana efeknya bisa cepat terasa. Tumbuhan ini juga bisa melembabkan dan menghaluskan kulit lho! Saat diolah menjadi teh dapat meredakan kram perut. Minumlah teh herbal ini agar bisa bantu redakan peradangan di area abdomen. Setelah itu, duduklah selama lima hingga sepuluh menit sebelum tidur.

    Siapkan air hangat dengan chamomile, dan apabila kamu suka bunga lawang bisa menambahkannya ya! Jika kamu memerlukan teh yang bisa mengatasi rasa sakit, padukan chamomile dengan akar jahe. Opsi lain: kombinasikan dengan kayu manis sebelum tidur. Rasanya jadi rileks!

     

  6. Parsley

    Parsley menjadi teh dengan kandungan minyak esensial yang dapat mengatur metabolisme. Selain itu, dapat juga meredakan kontraksi akibat stimulus pada uterus dan kandungan vitamin C-nya membantu kulit cerah serta kencang lho!

    Coba tambahkan segenggam parsley yang sudah dipotong pada salad atau makanan lainnya. Jika ingin diolah menjadi minuman, siapkan jus parsley, kombinasikan dengan satu potong nanas yang bisa dikonsumsi saat pagi hari. Tapi jika kamu lebih suka menjadi teh, rebus dua sampai tiga kali dalam satu hari.

    Nah sekarang kamu udah tau kan cara mengatasi kram perut secara alami? Coba juga masukan bahan alami ini sebelum siklus menstruasi kapanpun kamu suka! Kandungan antioksidan alaminya mampu mencegah bintik wajah akibat sinar UVA dan UVB.

     

  7. Oregano

Bahan alami ini adalah antiseptik dan anti-peradangan, jadi bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Jika kamu ingin menenangkan saraf dan rasa cemas saat menstruasi, the ini bisa membantu kamu.

Bahkan lebih baik, teh oregano bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak. Siapkan air hangat satu liter dan dua sendok makan daun oregano. Minum satu gelas di pagi hari dan satu gelas di malam hari. Bahan alami ini juga bisa membantu kamu atasi masalah pencernaan.

Jadi, udah tau belum mana teh yang cocok buat kamu? Manjakan diri kamu saat kamu perlu dan selalu jaga kesehatan selama menstruasi dengan konsumsi teh ya!

 

Sumber

 

Author 1 Last Updated 05/20/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.