Get your FREE
sample now!
Alasan kenapa berat badan naik pas  lagi haid

Alasan kenapa berat badan naik pas lagi haid

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Menjelang haid kok berat badan aku malah naik ya padahal gak makan banyak? Jangan khawatir, ternyata ada alasannya kenapa berat badan naik pas lagi haid.

Kalau kamu salah satu yang mengalaminya, tenang aja! Menurut ginekolog NYU Langone Medical Center, Raquel Dardik, M.D, kenaikan berat badan saat kita sedang menstruasi sebenarnya wajar kok, walaupun kita termasuk orang-orang yang rutin menjalani hidup sehat dan menjaga berat badan. Bahkan, berat kita bisa mengalami kenaikan sampai 2 kg di masa- masa menjelang menstruasi.

Hal ini dikarenakan menurunnya kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh kita. Efeknya, setiap sel tubuh jadi bekerja menahan air lebih banyak dan membuat badan jadi lebih berat. Efek ini disebut juga dengan istilah Edema, di mana tubuh mengalami retensi air.

Selain itu, ada juga faktor-faktor lain yang bikin berat badan kita jadi naik saat memasuki masa menstruasi, seperti:

article-image

FOOD CRAVING

Udah rahasia umum kalau kita bakal mengalami nafsu makan berlebih saat memasuki masa haid. Berbagai makanan yang biasanya terlihat biasa aja, jadi terasa enak dan membuat kita makan dengan porsi berlebih dari biasanya. Karena berlebihnya asupan makan kita, pastinya kalori yang masuk ke dalam tubuh pun jadi lebih banyak dan menyebabkan berat badan kita ikutan naik.

PERUT KEMBUNG (BLOATING)

Selain adanya retensi terhadap air, perubahan dari kedua hormon tadi bikin membuat perut kita juga terasa bergas dan jadi kembung selama masa haid. Nggak hanya itu, naik turunnya hormon estrogen membuat sistem pencernaan jadi terganggu dan menyebabkan sembelit.

article-image

RENDAHNYA KADAR MAGNESIUM DALAM TUBUH

Saat memasuki masa menstruasi, level magnesium dalam tubuh akan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan kadar insulin juga jadi lebih rendah sehingga tubuh butuh asupan glukosa atau gula yang lebih banyak. Berhubungan dengan food craving tadi, nggak heran kalau kita jadi cenderung ‘gidam’ makanan manis-manis seperti cokelat, es krim, atau dessert saat kita lagi PMS atau dalam masa haid.

ATASI BERAT BADAN NAIK DRASTIS SAAT MENSTRUASI DENGAN CARA INI:

article-image

Kenaikan berat badan secara drasti yang kita alami menjelang atau di masa haid sebenarnya nggak bersifat permanen. Berat badan bisa kembali normal dan bisa kamu maintain dengan cara-cara berikut:

Cek selalu berat badanmu setiap minggu . Lakukan penimbangan berat badan di waktu dan timbangan yang sama demi keakuratan dan menghidari salah hitung. Dengan rutin menimbang berat badan, kita jadi tau pergerakan naik turunnya dan bisa dengan gampang mengetahui apa yang jadi penyebab berat badan mengalami kenaikan.

 

Hindari makanan dan minuman berkadar garam dan gula tinggi, karena garam punya kecenderungan menyerap dan mengikat air di dalam tubuh. Kelebihan asupan garam bisa menyebabkan retensi air di tubuh kita jadi meningkat, apalagi di saat hormon progesteron dan estrogen lagi menurun. Pastinya rasa kembung pada perut dan rasa berat di badan jadi makin meningkat. Begitu juga dengan gula yang bisa menambah berat badan.

Tahan keinginan untuk makan banyak. Ngerti sih, hal ini memang susah banget untuk dilakukan. Karena saat PMS, nafsu makan kita cenderung jadi lebih tinggi. Kalaupun kita susah banget untuk menahannya, alihkan nafsu makan kita dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah- buahan segar yang rendah kalori dan juga rendah gula.

Tetap berolahraga saat haid. Walaupun dalam kondisi males gerak karena lemas ataupun nyeri, rasanya kita mau nggak mau harus memaksakan diri untuk rutin berolahraga ringan untuk mengatasi berat badan berlebih. Selain itu, olahraga ringan saat haid juga mampu mengurangi nyeri pada perut.

Nah, supaya olahraga tetap aman dan nyaman saat haid, pakai deh Softex Celana Menstruasi Daun Sirih yang bisa ngasih perlindungan 360-degree protection. Ekstrak daun sirihnya juga ampuh menghambat pertumbuhan bakteri, jadi kita gak usah khawatir dan bebas aktif bergerak!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30