Get your FREE
sample now!
Cowok Beli Pembalut Kenapa Nggak

Cowok Beli Pembalut, Kenapa Nggak?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

14 October 2021

What's Happening

Girls! Kamu pernah punya pengalaman minta tolong teman atau orang rumah untuk beli pembalut? Kalau minta tolong ke cewek biasanya kita nggak sungkan ya, tapi kalau ke cowok bisa jadi rumit nih, karena masih jarang banget kita lihat cowok yang beli pembalut. Sampai-sampai, ada yang bilang kalau cowok yang bisa dimintai tolong untuk beli pembalut itu hampir punah karena jarang banget kelihatan.

article-image

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kenapa ya Cowok Jarang Kelihatan Beli Pembalut? Menstruasi memang masih tabu untuk dibicarakan secara terbuka dalam obrolan sehari-hari di banyak negara. Saking tabunya, salah satu penelitian di tahun 2016 yang dibantu Koalisi Kesehatan Perempuan Internasional menyebutkan kalau ada 5 ribu istilah ‘menstruasi’ yang digunakan perempuan dari 190 negara untuk menghindari topik tersebut dengan lawan jenis. Bahkan di negara seperti Australia, Brasil, dan Chili, sebanyak 17% partisipan rela bolos sekolah atau kerja karena mereka takut ketahuan kalau sedang menstruasi.

Survei Plan International Indonesia pada tahun 2018 lalu menjelaskan bahwa 1 dari 6 remaja perempuan memilih bolos sekolah dan 39% remaja perempuan pernah diejek saat menstruasi. Bahkan survei tersebut juga mencatat 63% orang tua belum memberikan edukasi tentang menstruasi kepada anaknya. Sangat disayangkan ya bahwa masih banyak yang belum siap untuk membicarakan menstruasi bahkan dengan orang-orang terdekat sekali pun.

Menstruasi adalah Hal yang Wajar

Menstruasi kerap dianggap sebagai sesuatu yang jorok dan kotor sehingga kita pun sulit membahasnya secara terbuka kepada orang di sekitar terlebih dengan lawan jenis. Kurangnya edukasi dan kesadaran juga menjadi salah satu yang memperburuk stigma terhadap menstruasi. Padahal menstruasi adalah fase biologis yang normal dialami perempuan. Jika kita tertutup untuk membicarakan hal tersebut, maka kita seperti menghindari sifat biologis dari manusia.

Untuk menghilangkan stigma bahwa menstruasi adalah hal yang buruk dan menormalisasi cowok membeli pembalut, pada tahun 2018 ada sebuah gerakan di media sosial yaitu Padman Challenge. Gerakan ini bertujuan untuk mematahkan stigma atas menstruasi dan pembalut yang terjadi di India. Beberapa artis di India mengikuti kampanye ini dengan mengunggah foto sambil memegang pembalut di media sosial. Sesuai namanya, kampanye ini diikuti oleh artis laki-laki dan juga perempuan.

article-image

Imdb.com

Padman Challenge sendiri adalah kampanye dan bentuk promosi dari film yang berjudul Padman. Film ini mengisahkan suami bernama Lakshmi yang terkejut karena istrinya, Gayatri, tidak menggunakan pembalut yang higienis. Tak mau istrinya terkena penyakit, akhirnya ia mencoba menciptakan pembalut yang bersih dan murah karena saat itu pembalut di India mahal harganya bagi pengrajin besi seperti Lakshmi. Di tengah prosesnya, ia pun banyak menghadapi pengucilan karena stigma menstruasi.

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels article-image

Girls, ini adalah contoh bahwa tidak semua cowok nggak mau beli pembalut karena dirinya sendiri yang memiliki pandangan buruk terhadap menstruasi. Ada juga kok cowok yang mau bantu kita untuk beli pembalut tapi terhalang karena pandangan orang di sekitar. Pandangan yang masih menganggap bahwa cowok itu nggak mengalami menstruasi jadi nggak seharusnya beli pembalut.

Yuk, sekarang kita ubah stigma buruk terhadap pembalut dan menstruasi serta normalisasi cowok beli pembalut! Kalian punya pendapat lain tentang laki-laki yang membeli pembalut? Diskusi bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30