Get your FREE
sample now!
gejala-hormon-progesteron-rendah

gejala-hormon-progesteron-rendah

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Hormon progesteron adalah salah satu hormon reproduksi yang paling penting buat perempuan, terutama untuk kehamilan dan persalinan. Tapi apa jadinya kalau hormon progesteron rendah? Kayak apa sih gejalanya hormon progesteron rendah, dan apa efeknya ke tubuh perempuan? Cari tahu di artikel ini yuk!

FYI, kalau siklus menstruasi kita normal, level hormon progesteron meningkat setelah ovulasi untuk mempertahankan lapisan rahim yang menebal tiap bulannya, untuk memungkinkan terjadinya kehamilan. Tapi kalau gak terjadi kehamilan, maka level hormon progesteron turun untuk memicu menstruasi (haid). Namun, seringkali terjadi ketidakseimbangan hormon yaitu hormon progesteron yang rendah. Ada 6 gejala hormon progesteron rendah, yaitu:

article-image

INFERTILITAS ATAU KESULITAN UNTUK MENGANDUNG ANAK

Tingkat hormon progesteron yang rendah bikin kita kesulitan untuk mempunyai anak. Kalaupun hamil, ada kemungkinan besar untuk keguguran karena implantasi sel telur yang dibuahi menjadi rendah. Hal ini tentunya bisa bikin kita frustasi. Selain melakukan pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, kita bisa coba melakukan pengobatan alami dengan cara jaga berat badan ideal dan hindari olahraga yang berlebihan supaya tubuh kita gak stres.

SIKLUS MENSTRUASI (HAID) JADI GAK TERATUR

Bulan ini dapat menstruasi (haid), tapi tau-tau bulan besok gak dapat dan kadang siklusnya lebih dari 21/22 - 35 hari. Wah, kalau menstruasi (haid) kita udah gak bisa diprediksi, besar kemungkinan hormon progesteronnya rendah.

SERING SAKIT KEPALA ATAU MIGRAIN

Gejala pusing adalah bagian dari PMS dan menstruasi (haid), tapi perempuan yang level hormon progesteronnya rendah akan sering mengalami pusing atau migrain. Kadang sampai menggangu aktivitasnya sehari-hari. Sakit kepala atau migrain juga bisa dihubungkan dengan anemia. Kalau udah sangat mengganggu, lebih baik konsultasikan ke dokter ya

article-image

MOOD SWING

Did you know kalau ketika perempuan sedang menstruasi rentan mengalami depresi? Mood yang berubah-ubah juga akibat dari hormon progesteron yang rendah. Selain itu, kita juga akan mengalami rasa cemas berlebihan, panik, bahkan insomnia.

KENAIKAN BERAT BADAN

Nah ini salah satu yang sering gak disadari oleh banyak perempuan. Apakah kamu pernah merasa sulit menurunkan berat badan padahal udah diet keras? Bisa jadi hormon progesteron rendah penyebabnya. Naiknya berat badan yang signifikan ini juga kadang dibarengi dengan sembelit, makanya gak jarang perempuan mengira ini hanya sakit perut biasa.

HOT FLASHES

Hot flashes atau sensasi panas yang muncul di tubuh adalah tanda ketika perempuan mau menopause atau perimenopause, tahap sebelum menstruasi berhenti total. Hot flashes sering dialami oleh perempuan dewasa berusia 30 tahun ke atas. Tapi bukan gak mungkin anak remaja juga mengalaminya lho. Hal ini disebut dengan menopause dini.

Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.