Get your FREE
sample now!
Kenali PCOS Gangguan Hormon pada Siklus Menstruasi

Kenali PCOS, Gangguan Hormon pada Siklus Menstruasi

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

02 December 2021

What's Happening

Girls, pernah dengar Sindrom Polikistik Ovarium atau biasa disebut PCOS? Bagi kamu yang belum mengenalnya, PCOS adalah gangguan pada reproduksi perempuan karena munculnya pertumbuhan banyak kista di kantung ovarium. Tumbuhnya kista-kista ini menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur dan menurunnya kesuburan, tapi bukan berarti tidak bisa hamil ya girls.

Nah, sampai saat ini belum ada yang dapat memastikan penyebab pasti dari PCOS, namun faktor genetik disebut para ahli sebagai salah satu penyebabnya. Perempuan yang memiliki riwayat anggota keluarga pengidap diabetes melitus, lebih rentan mengalami PCOS. Perempuan pengidap PCOS cenderung memiliki kadar insulin yang tinggi, apalagi jika ia mengalami obesitas dan punya riwayat diabetes melitus pada anggota keluarga.

Kadar insulin yang tinggi ini menimbulkan produksi hormon androgen yang berlebihan. Hormon androgen adalah hormon yang biasanya diproduksi secara maksimal pada laki-laki namun hanya sedikit terdapat pada perempuan. Hormon ini bertugas untuk mengembangkan fitur-fitur maskulin. Pada akhirnya, produksi hormon androgen yang berlebihan dapat mempengaruhi proses ovulasi.

Gejala dan Pengobatan PCOS

article-image

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Beberapa gejala PCOS yang perlu kamu ketahui adalah siklus menstruasi yang tidak normal. Siklus menstruasi bisa terlalu lama atau misalnya hanya 8 kali dalam setahun, bisa juga terlalu cepat atau lebih sering seperti dalam 21 hari muncul siklus yang baru. Bahkan, pengidap PCOS bisa sudah lama tidak mengalami menstruasi dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan untuk gejala lainnya dapat berupa pertumbuhan rambut yang berlebih di area wajah atau hirsutisme, kemunculan banyak jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya seperti dada atau punggung, kebotakan, skin tag pada leher atau ketiak, dan lainnya.

Karena belum diketahui secara pasti penyebab dari PCOS, sampai saat ini pengobatan masih sebatas mengatasi gejala-gejala yang muncul. Gejala yang berkaitan dengan insulin dapat diobati dengan terapi metformin yang dapat menurunkan produksi glukosa serta menurunkan kadar hormon androgen. Sedangkan untuk gejala siklus menstruasi yang tidak teratur dan kelebihan berat badan diatasi dengan membangun pola gaya hidup yang sehat seperti menjaga makanan dan berolahraga.

Olahraga Untuk Pengidap PCOS

article-image

Photo by Elina Fairytale from Pexels

Untuk memulai gaya hidup yang sehat dibutuhkan olahraga agar ketidakteraturan siklus menstruasi dan kelebihan berat badan dapat teratasi. Olahraga yang bisa dilakukan oleh pengidap PCOS adalah kardio seperti berjalan kaki atau bersepeda. Latihan kekuatan juga bisa diikuti oleh pengidap PCOS misalnya seperti mengangkat beban atau menggunakan resistance band agar otot-otot di tubuh dapat terbentuk.

Selain olahraga yang telah disebutkan tadi, kadang kala pengidap PCOS cenderung mengalami stres dalam proses pemulihan. Maka dari itu, jenis olahraga yang juga berfokus pada pikiran dapat menjadi alternatif. Mind- body exercise seperti yoga, pilates, dan berenang, tidak hanya mampu membakar kalori tapi juga menurunkan stres.

Perempuan yang mengalami PCOS memang menurun kesuburannya, namun jangan khawatir girls! Pengidap PCOS masih bisa memiliki anak melalui proses pemulihan terlebih dahulu.

Kamu penyintas PCOS atau memiliki kerabat yang mengalami PCOS? Yuk, ceritakan dan bagikan pengalamanmu kepada teman-teman lainnya di Instagram @womenheatlhypedia!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30