Get your FREE
sample now!
Kenapa Perut Merasa Kembung Tiap Haid

Kenapa Perut Merasa Kembung Tiap Haid?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Perut kembung atau bloated adalah satu dari sekian banyak keluhan yang kita alamin ketika menstruasi (haid). Rasanya tuh perut terasa sesak, penuh dan nggak nyaman, padahal (perasaan sih) kita makan hanya sedikit tapi kenapa kerasa kembung ya? Kira-kira apa penyebabnya.

< />Dilansir dari InSyle, menurut Dr. Jason James (OBGYN), kebanyakan gejala kembung ketika haid disebabkan oleh retensi air yang meningkat akibat perubahan hormonal yang terkait dengan siklus menstruasi (haid). Hal ini nyebabin nggak cuma kembung, tapi juga pembengkakan pada beberapa daerah tubuh kayak muka, paha, dan payudara. Dan ketika kadar hormon estrogen kita berubah-ubah (naik turun), hal ini nggak cuma nyebabin kembung pas menstruasi (haid) tapi berhubungan juga dengan masalah berat badan. Biasanya masalah perubahan hormon ini terjadi selama beberapa hari sebelum dan sesudah menstruasi (haid).

article-image

GIMANA CARA NGATASINNYA?

Menstruasi (haid) bisa dibilang alarm cewek setiap bulan. Di saat inilah kita bisa tau kondisi badan sendiri, apakah tubuh kita sehat atau ada yang musti diperhatikan. Untuk ngurangin rasa kembung pas menstruasi (haid), kita bisa melakukan hal berikut:

< p="" />>Kurangin Mengkonsumsi Kafein.

Kandungan kafein pada kopi atau teh membuat liver harus bekerja ekstra untuk menghilangkan hormon yang nggak diinginkan oleh tubuh kita dan ini nyebabin perut jadi kembung pada masa prosesnya. Kalo pun nggak bisa dihentikan, setidaknya seminggu sebelum atau sesudah haid, jangan minum kafein dulu ya. Kalo mau minum teh, pilih yang herbal.

Kurangi Mengkonsumi Gula.

Gula pada manisan atau permen yang dikonsumsi rutin bisa nyebabin kenaikan gula darah yang signifikan, yang ujungnya akan berpengaruh sama keseimbangan hormon kita. Nggak cuma pas haid, batasi konsumsi gula di makanan dan minuman sehari-hari. Pilih pemanis alami, seperti gula kelapa, madu atau sirup maple.

Stick To Healthy Food Dan Hindari Makanan Yang Terlalu Asin (MSG).

Buat mengurangi kembung pas haid, usahain kita cukup mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, atau kangkung yang disertai karbohidrat kompleks kayak gandum atau beras merah. Serat yang dikandung sayuran hijau bagus untuk bantu ngeluarin kelebihan hormon dalam bentuk buang air besar.

article-image

Olahraga Rutin (Penting!)

Selain perhatikan asupan makanan, olahraga rutin juga wajib dilakuin supaya memperlancar aliran darah dan menghilangkan kelebihan cairan dan gas terutama pada perut. Kalau gak memungkinkan untuk kamu jalan atau lari, kamu bisa coba lakukan yoga,

Biar acara olahraga kita makin nyaman, pake Softex Comfort Slim. Dengan tebal hanya 2mm, Softex Comfort Slim punya breathable layer untuk sirkulasi udara sehingga area vagina kita nggak lembab, selain itu juga mampu menyerap dalam 1 detik jadi biarpun lagi banyak-banyaknya haid kita tetap aman deh!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.