Get your FREE
sample now!
Olahraga Saat Menstruasi Boleh Nggak ya

Olahraga Saat Menstruasi, Boleh Nggak ya?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

29 December 2021 What's Happening Saat menstruasi, biasanya kita semakin enggan untuk bergerak aktif seperti biasanya, apalagi berolahraga. Perempuan cenderung banyak beristirahat karena suasana hati yang sedang tidak baik atau kram perut yang dirasakan. Namun, tahukah kamu ketika menstruasi kita justru dianjurkan untuk berolahraga?

Olahraga dapat menghasilkan hormon endorfin, yaitu hormon penghilang stress dan pereda rasa sakit. Endorfin ini yang akan memberikan energi yang positif sehingga orang merasa lebih tenang. Jika kamu mengalami kelelahan dan mengalami perubahan suasana hati pada hari-hari menjelang dan selama siklus menstruasi, olahraga secara teratur dapat mengurangi gejala- gejala ini.

Selain itu, olahraga selama dan sebelum menstruasi juga dapat mengurangi rasa kram perut karena olahraga. Endorfin yang dihasilkan oleh tubuh dapat menurunkan prostaglandin, hormon yang merangsang otot rahim berkontraksi untuk mengeluarkan darah menstruasi.

Sebenarnya tidak ada patokan olahraga seperti apa yang cocok dilakukan saat masa menstruasi karena kondisi tubuh masing-masing yang berbeda. Misalnya saja, bagi yang sudah terbiasa olahraga kardio dengan intensitas tinggi, kamu masih boleh melakukan jenis olahraga ini namun dengan intensitas yang lebih rendah.

Nah, berikut beberapa jenis olahraga yang mungkin bisa kamu lakukan sesuai dengan kondisi tubuhmu ketika masa menstruasi!

Cardio Intensitas Rendah

article-image

Photo by Blue Bird from Pexels

Senang berolahraga dengan intensitas yang tinggi? Menstruasi adalah saatnya kamu untuk mengurangi intensitas olahraga. Pertimbangkan untuk mulai jalan kaki berkeliling komplek rumah, cardio home workout, atau aerobik ringan. Selain itu, kamu juga bisa bersepeda. Bersepeda dapat melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh tubuh sehingga dapat mengurangi nyeri.

Saat hari pertama menstruasi, mungkin kamu akan sedikit tidak nyaman apalagi kalau darah yang keluar sedang banyak-banyaknya. Maka dari itu, pilih jenis olahraga berintensitas rendah saja ya, girls!

Yoga atau Pilates

article-image

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Kedua jenis olahraga ini tidak hanya membuat tubuh sehat tapi dapat juga memberikan ketenangan pada tubuh dan pikiran. Secara umum, gerakan yoga aman diikuti saat kamu sedang menstruasi. Untuk gerakan pilates, kamu bisa menggunakan gerakan yang menggunakan otot panggul agar mengurangi nyeri atau kram perut.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih berolahraga saat menstruasi. Pertama adalah minum air yang cukup. Pastikan tubuhmu terhidrasi sebelum, saat, dan sesudah berolahraga agar tidak memperparah nyeri menstruasi. Kedua, sadari dan dengarkan alarm tubuh. Jikalau kamu tiba-tiba mengalami pusing di tengah olahraga, hentikan aktivitasmu dan beristirahat.

Tips lainnya adalah gunakan pakaian yang nyaman. Jangan memilih pakaian yang terlalu ketat sehingga membatasi gerakanmu dan membuat miss v menjadi tambah lembab. Terakhir, jangan lupa untuk melakukan peregangan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera.

Saat menstruasi, biasanya kamu melakukan olahraga apa aja nih girls? Yuk, bagikan cerita kamu bersama teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia !

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.