Get your FREE
sample now!
Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya

Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya?

Author 1 Last Updated 03/23/2023 2min

article-image

Beberapa waktu yang lalu, Happifyourworld bikin topik di Instagram yang berjudul “Pas udah puber, kenapa teman jadi lebih matter buat kita daripada orang tua?” Diskusi ini sampai pada kesimpulan tentang apa sih yang dikuatirkan orang tua tentang anaknya. Sehingga seringkali muncul perbedaan keinginan, tujuan, mimpi yang ingin diraih si anak dan orang tua. Berdasarkan hal tersebut, Happifyourworld trying to figure it more dengan bertanya langsung ke beberapa orang tua. Yuk baca lebih lanjut di sini.

Buat orang tua, anak adalah segala-galanya. Semua kebutuhan si anak sebisa mungkin dipersiapkan dengan matang, bahkan sebelum lahir. Buat mereka, harapannya adalah si anak akan jadi “something” di masa depan instead of “nothing”. Makanya gak heran kalau ketika apa yang mereka rencanakan atau pun ada sesuatu yang di luar pengetahuan mereka, akan bikin mereka kuatir. Bahkan gak jarang jadi defensif. Menurut Ibu Rahma*, salah satu orang tua yang Happifyourworld tanya: “segala aspek tentang anak, mau itu dari kesehatan, keamanan, dirinya dan attitude-nya, akan jadi perhatian orang tua. Bahkan sampai dia dewasa dan berkeluarga, orang tua akan selalu tetap merasa kuatir tentang mereka.”

Nah apa aja yang orang tua selalu kuatirkan tentang anaknya? Menyimpulkan dari beberapa jawaban yang Happifyourworld kumpulin, ini dia jawabannya:

article-image

KETIKA KITA MULAI BERSOSIALISASI DENGAN ORANG LAIN

Sadar gak, ketika kita mulai bermain, masuk sekolah atau sekedar jalan-jalan dengan orang lain, orang tua langsung waspada (alert mode!). Mulai dari apakah kita bisa berkomunikasi dengan baik, apa yang orang tersebut akan lakukan (kepada kita), apakah lingkungan tersebut akan mengubah value kita, dll. Bersosialisasi dengan orang lain akan melihat bagaimana attitude atau sikap kita di luar lingkup keluarga. Secara gak langsung kita akan dinilai oleh orang lain, dan melalui kitalah akan terlihat bagaimana cara orang tua mendidik kita. Dan itu akan jadi kekuatiran tersendiri buat orang tua, apakah mereka sudah jadi orang tua yang baik atau gak buat si anak.

Ada alasan lain lagi kenapa orang tua kuatir dengan sosialisasi. Karena bersosialisasi dengan orang lain akan berpengaruh ke pola pikir dan tindakan si anak. Syukur-syukur deh kalau si anak dapet pengaruh positif, tapi kalau pengaruh negatif? Wah bisa berabe!

article-image

KETIKA KITA UDAH MULAI BISA MENENTUKAN DAN MENGAMBIL KEPUTUSAN SENDIRI

“mama papa aku mau ambil jurusan design, aku mau jadi designer!” “aku mau sekolah di luar negeri” “kayaknya aku mau ngekos/tinggal sendiri supaya bisa hidup mandiri” Kalimat-kalimat di atas buat kita sebagai anak sih mungkin “sepele” (walaupun kenyataannya menakutkan juga buat kita), tapi untuk orang tua ini tuh kayak petir di siang bolong. Menurut Bapak dan Ibu Amin*:

“ketika anak di luar dari jangkauan orang tua dan gak tau mereka lagi ngapain sudah tentu ada kekuatiran yang sangat besar. Bayangkan saja, yang biasanya 24/7 kita bisa tahu mereka lagi ngapain tiba-tiba jadi meraba-raba dalam gelap. Terkadang saya sampai gak bisa tidur mikirin tentang hal ini.”

Ngambil keputusan sendiri apapun itu, buat kita adalah satu step menuju pendewasaan diri supaya kita bisa survive dan gak manja ketika nanti nyemplung di masyarakat, dan orang tua tentu aja menyadari hal ini sepenuhnya. Karena itu ketika kita udah bisa ambil keputusan sendiri, pertahankan komunikasi dengan orang tua biar mereka gak kuatir. Kalau apa yang kita percaya bertentangan dengan mereka, berikan alasan kenapa supaya mereka pun bisa mengerti dan mendukung apa yang kita yakini.

article-image

KETIKA KITA TERLALU SIBUK SEHINGGA GAK MEMPERHATIKAN DIRI SENDIRI, ATAU GAK TERBUKA (MENYEMBUNYIKAN) TENTANG APA YANG KITA ALAMI

Buat orang tua yang ngeliat anaknya mulai beranjak remaja dan dewasa, tentunya bikin mereka kangen sama masa-masa di mana kita ngabisin waktu sepenuhnya buat mereka. Makanya rasa kuatir akan muncul ketika kita terlalu sibuk hingga gak punya waktu buat diri sendiri, sampai-sampai kesehatan pun dikorbankan.

Menurut Ibu Marina*, “salah satu hal yang paling menyakitkan bagi orang tua adalah tidak mengetahui kondisi anaknya sendiri. Apakah dia sehat atau sakit, atau sedang mengalami hal lain. Worst case scenario, ketika kami (orang tua) terlambat untuk menolong anak kami sendiri, it feels like killing us.”

Sebagai anak, pasti ada hal yang kita sembunyikan karena gak pingin orang tua kuatir. But believe it or not, sooner or later, orang tua pasti akan mengetahui hal tersebut. Bagus kalau hal yang kita sembunyikan positif, tapi kalau hal tersebut akan bikin si anak menderita dan orang tua baru tahu belakangan, kebayang kan gimana devastated-nya mereka.

article-image

Selain dari tiga di atas, sebenarnya masih banyak lagi kekuatiran orang tua sehingga bikin mereka bisa bertindak terlalu over-protected. Tapi ketiga hal di atas adalah hal yang paling dasar yang bikin orang tua (selalu) merasa kuatir tentang si anak. Mungkin bagi kita ketiga hal di atas adalah hal yang wajar tapi namanya orang tua, perkembangan si anak udah pasti bikin mereka was-was.

Karena itu menurut Dr. Ron Taffel dikutip dari TIME, yang paling penting antara hubungan orang tua dan anak adalah keterbukaan. Dengan gitu komunikasi di antara mereka akan sejalan dan (seenggaknya) meringankan rasa kuatir di diri orang tua, dan buat anak sendiri mereka tahu kalau orang tua akan selalu ada buat mereka kapan pun mereka butuhkan.

 

Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 03/23/2023 2min

Recommended Reading

Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya
Alasan Kenapa Pendidikan Seks Itu Penting?

Coba hitung deh, berapa kali sih kita dapat pendidikan tentang seks di sekolah atau di keluarga? Jangan-jangan malah kita belum dapat pendidikan tentang seks sama sekali. Di usia remaja yang udah puber, wajar kalo kita mulai ada ketertarikan dengan lawan jenis. Tapi karena kurangnya pendidikan seks yang baik dan benar, akhirnya kita lebih banyak cari sendiri informasi seputar seks dari media, dari obrolan sama teman, atau dari podcast dan Youtube. Padahal belum tentu kita punya kemampuan buat menyaring informasi yang kita dapat. Apakah informasi tersebut layak buat kita terima atau nggak.

Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya Apa Yang Dikhawatirkan Orang Tua Kepada Anaknya
Area Sekitar Vagina Berkeringat, Normal atau nggak ya?

Berkeringat adalah cara tubuh untuk menurunkan suhu atau mendinginkan diri setiap kali kita merasa kepanasan. Mau itu habis berolahraga atau setelah melakukan aktivitas. Keluar keringat di daerah dahi atau ketiak sih lumrah ya, tapi gimana kalau area vagina yang berkeringat? Normal gak ya dan apa sebabnya?

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30