Get your FREE
sample now!
Penyebab Utama Kram Haid

Penyebab Utama Kram Haid

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Kram perut udah jadi hal yang familiar setiap bulan ketika kita dapat menstruasi (haid). Dysmenorrhea (istilah medis untuk kram menstruasi (haid) adalah gejala dimana kita ngerasain sakit kayak ditusuk-tusuk di daerah bawah perut, dan terkadang bisa juga kita rasakan di area pinggang bagian belakang. Sebenarnya kenapa kita bisa sakit kram pas menstruasi (haid)? Ini dia beberapa sebab utamanya.

Before we continue, beberapa waktu lalu Marie Claire merilis pernyataan profesor kesehatan reproduksi dari Universitas London, John Guillebaud, yang bilang kalo “menstrual cramps are as painful as heart attacks”. Banyak cewek yang merespon pernyataan ini sebagai kemajuan. Karena –sedihnya- selama ini banyak orang yang menyepelekan period pain sebagai hal yang ‘biasa’ atau lebay, padahal kenyataannya nggak begitu. Sakit kram pas menstruasi (haid) bisa jadi tanda-tanda apakah mesntruasi (haid) kita normal atau tidak. Menstruasi (haid) udah kayak semacam alarm tubuh buat para cewek. Karenanya, apabila kram menstruasi (haid) kita sakitnya udah nggak tertahankan, kita bisa lakukan self-diagnosed dulu sebelumnya dan bisa langsung cek ke dokter apabila tidak ada perubahan.

PENYEBAB UTAMA KRAM MENSTRUASI (HAID)

MENSTRUASI (HAID) TIDAK TERATUR

Ini adalah sebab paling utama dibanding yang lainnya. Siklus menstruasi (haid) yang nggak teratur disebabin banyak faktor. Salah satunya adalah stress, diet nggak teratur, kurang olah raga, kurang seimbangnya hormon, dan lain-lain. Supaya menstruasi (haid) kita lancar, usahakan untuk mengubah lifestyle kita jadi lebih sehat ya.

STRESS & DEPRESI

Nggak cuma fisik, psikologi atau psikis kita berkaitan erat dengan menstruasi (haid). Makanya stress dan depresi berpengaruh banyak dengan siklus dan segala hal yang ditimbulkan saat menstruasi (haid). Sayangnya nggak banyak yang sadar akan hal ini. Terutama depresi sebagai mood disorder yang bisa ngakibatin perubahan dan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

ENDOMETRIOSIS

Endometriosis adalah suatu penyakit pada sistem reproduksi cewek di mana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Biarpun nggak mematikan tapi bisa ganggu aktivitas sehari-hari banget. Gejalanya selain sakit kram, juga pendarahan berlebihan pas menstruasi (haid) dan kadang saat buang air besar/kecil. Faktor yang micu endometriosis salah satunya hormon estrogen yang tinggi.

PELVIC INFLAMMATORY DISEASE (RADANG PINGGUL)

Ini adalah kondisi di mana ada infeksi di sistem reproduksi kita yang mengakibatkan peradangan pada rahim, ovarium, dan tuba falopi.

FIBROIDS

Adalah semacam tumor (non-cancerous) yang tumbuh di dalam rahim (uterus). Penyebabnya masih belum jelas, tapi diindikasi karena faktor ketidakseimbangan hormon estrogen, obesitas atau keturunan. Gejalanya bisa keliatan ketika kita ngalamin sakit kram yang luar biasa, dan frekuensi buang air kecil sangat sering (walaupun nggak banyak minum), tapi ada juga yang bilang mereka nggak merasakan apa pun. Biarpun nyeri dan kram pas menstruasi (haid) bisa diredain dengan kompres air panas, minum air hangat, pijat, atau pun yoga, tapi jangan dianggap sepele. Kita harus cepat periksakan ke dokter apabila sakitnya terus-terusan. Buat mencegah nyeri dan kram pas menstruasi (haid), rajin konsumsi makanan yang mengandung kalsium, vitamin E, magnesium, asam lemak omega-3, vitamin B1, dan vitamin B6. Selain itu juga rajin olahraga, hindarin minuman alkohol, rokok, dan yang penting kurangi stress. Terlebih ketika sudah mulai dekat masa menstruasi (haid) kita.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.