Get your FREE
sample now!
Benarkah Menggaruk Kulit Saat Haid Bisa Menimbulkan Stretch Mark

Benarkah Menggaruk Kulit Saat Haid Bisa Menimbulkan Stretch Mark?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

30 December 2021 What's Happening Girls, kamu pasti sering mengalami beragam perubahan yang terjadi saat haid datang seperti kram perut, badan yang lemas, hingga kulit yang terasa gatal, kan? Rasa gatal pada kulit memang bikin nggak nyaman banget dan disebabkan berbagai hal. Disamping karena masalah atau penyakit pada kulit, rasa gatal disebabkan akibat adanya sensasi pada kulit. Sensasi rasa gatal ini timbul juga karena perubahan hormon.

Saat masa menstruasi, terjadi perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Hormon estrogen akan diartikan oleh kulit sebagai antigen asing dan dikirim ke sel imunokompeten. Kondisi ini dapat menyebabkan respon gatal jika kadar estrogen sedang dalam kondisi tinggi. Selain itu, permeabilitas barrier kulit (kemampuan suatu substansi untuk menembus kulit) juga menjadi lebih tinggi saat haid sehingga kulit lebih sensitif terhadap alergen atau kuman.

Stimulus gatal yang merangsang sel kulit, termasuk sel imun dan keratinosit, akan menyebabkan pengeluaran mediator rasa gatal. Mediator ini akan mengaktivasi saraf sensoris dan mengirimkan sinyal ke otak. Otak akan mengartikan sinyal ini sebagai sensasi gatal. Rasa gatal pasti akan menimbulkan reflek tubuh untuk menggaruk.

article-image

Lalu Bagaimana dengan Stretch Mark?

Stretch mark merupakan lesi kulit yang sering terjadi karena adanya perubahan tekstur pada area kulit yang mengalami pelebaran. Dua jenis stretch mark yang paling sering ditemui adalah stretch mark merah (akut) dan stretch mark putih (kronis). Perbedaan kedua jenis tersebut terletak pada jumlah perubahan pembuluh darah dan kepadatan serat kolagen di area yang mengalami stretch mark.

Beberapa area yang sering terjadi stretch mark adalah perut, payudara, bokong, paha, dan lengan atas. Penyebab munculnya stretch mark adalah akibat efek mekanikal dari penarikan atau pelebaran jaringan, misalnya dari pertumbuhan anak-anak menjadi remaja atau adanya peningkatan berat badan secara cepat.

Kondisi lainnya yang bisa menimbulkan stretch mark adalah,

  • Gangguan hormon adrenokortikotropik yang meningkatkan aktivitas fibroblas dan meningkatkan katabolisme protein.
  • Gangguan endokrinopati, misalnya sindrom cushing
  • Perubahan hormon tubuh akibat kehamilan
  • Hipertrofi otot, misalnya dialami atlet
  • Penurunan relaxin serum
  • Augmentasi atau pengecilan payudara
  • Defisiensi atau kekurangan fibrin
  • Efek samping penggunaan obat kortikosteroid topikal

Hormon haid sebenarnya tidak menimbulkan stretch mark karena tidak menyebabkan perubahan bentuk tubuh secara cepat. Begitu pun dengan menggaruk kulit, juga tidak menyebabkan stretch mark karena tidak ada bagian kulit yang tertarik. Dengan demikian, tidak ada efek menggaruk kulit saat haid bisa menimbulkan stretch mark.

Namun menggaruk yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan memperburuk masalah, girls! Maka dari itu, hindari menggaruk secara berlebihan saat menstruasi agar tidak menyebabkan luka pada kulit.

Kamu punya tips mengatasi gatal pada kulit saat menstruasi? Yuk, bagikan kepada teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia !

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30