Get your FREE
sample now!
Benarkah Radiasi Handphone Berbahaya Bagi Perempuan

Benarkah Radiasi Handphone Berbahaya Bagi Perempuan?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Memiliki fungsi yang efektif sebagai alat komunikasi dan mudah dibawa kemana saja, penggunaan handphone, laptop, dan tablet banyak digunakan sehari-hari oleh semua orang di usia produktif. Menurut data statistik penggunaan handphone hampir mencapai 5 miliar pengguna di dunia dari total populasi dunia sebanyak 7,4 milyar orang. Kondisi ini menandakan bahwa gadget sudah menjadi bagian hidup setiap orang.

Peningkatan pengguna gadget tentunya meningkatkan kadar radiasi dan paparan radiofrekuensi. Radiasi ini adalah sebuah komponen energi elektromagnetik yang terjadi pada rentang frekuensi 3 KHz hingga 300 GHz.

Radiasi radiofrekuensi yang dipancarkan dari handphone bersifat jangka pendek dan berulang secara alami pada intensitas yang tinggi. Sedangkan radiasi radiofrekuensi yang dipancarkan dari stasiun pemancar memiliki durasi yang panjang dengan intensitas rendah.

Lalu, apakah efek radiasi handphone berbahaya bagi perempuan?

article-image

Dalam sebuah penelitian yang menguji efek radiasi handphone terhadap siklus haid pada hewan mencit menunjukkan bahwa adanya perpanjangan siklus. Hal ini disebabkan karena terlambatnya ovulasi sel telur pada usia subur.

Penelitian lain yang menggunakan mencit hamil juga mengatakan bahwa paparan radiasi 6 jam per hari selama 2 minggu dapat menurunkan jumlah blastosis dengan disertai peningkatan fragmentasi DNA. Penelitian ini dapat mengindikasi bahwa paparan radiasi dari gadget memberikan efek negatif pada perkembangan embrio.

Mayoritas perempuan meletakkan gadget dekat area bawah tubuh seperti dalam saku atau pangkuan paha dan tidak jarang disimpan di saku baju. Keberadaan gadget ini dapat memberikan efek radiasi terhadap organ reproduksi. Radiasi area pelvis dapat mempengaruhi indung telur dan rahim, sedangkan radiasi pada area kepala dapat mempengaruhi kelenjar hipotalamus dan pituitari di otak.

Dampak Radiasi Pada Area Kewanitaan

article-image

Radiasi dapat mempengaruhi jaringan di sekitar ovarium karena sel telur sensitif terhadap radiasi. Indung telur dapat mengalami perubahan fungsi ditandai dengan adanya atropi folikular dan penurunan daya simpan folikel. Maka dari itu, dapat terjadi penurunan jumlah folikel, gangguan produksi hormon ovarium, disfungsi rahim, dan lainnya.

Radiasi juga dapat memberikan dampak buruk bagi rahim. Paparan radiasi saat usia anak-anak menyebabkan perubahan vaskularisasi rahim, penurunan elastisitas dan volume rahim, serta atropi dinding dalam rahim. Selain kondisi fisik rahim, radiasi juga mempengaruhi implantasi embrio seperti malposisi janin, kontraksi dini, dan persalinan prematur.

Selain itu, radiasi juga menyebabkan penurunan kerja pituitari, bagian otak yang menghasilkan hormon reproduksi. Pituitari menghasilkan hormon gonadotropin yang jika terganggu akan menyebabkan perubahan pada hormon lainnya seperti estradiol, progesteron, dan prolaktin. Akibatnya, akan ada perubahan pada siklus menstruasi.

Radiasi mungkin dapat memberikan dampak buruk bagi kewanitaan. Namun, pendapat ini belum sepenuhnya terbahas dengan lengkap. Berbagai faktor juga dapat menyebabkan perbedaan hasil pada setiap individu. Sehingga sebaiknya kita tetap waspada terhadap radiasi baik dari gadget maupun lingkungan sekitar.

Menurut kamu, seberapa bahaya radiasi handphone untuk daerah kewanitaan? Bagikan cerita dan pendapat kamu ke Instagram @womenhealthypedia!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30