Get your FREE
sample now!
Puasa bisa ganggu siklus menstruasi Masa sih

Puasa bisa ganggu siklus menstruasi? Masa sih?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Puasa sering banget dikaitkan dengan siklus menstruasi yang tidak teratur Healthy Women, emang ngaruh ya? Pada dasarnya siklus menstruasi yang normal terjadi sekitar 21-35 hari. Dalam satu periode, menstruasi biasanya terjadi sekitar 3 sampai maksimal 8 hari. Fungsi hormon utama di tubuh ini lah yang ditentukan oleh 2 kelenjar di otak yang bernama hipofisis dan hipotalamus. Nah kedua kelenjar ini ternyata memang dipengaruhi nutrisi, metabolisme, dan ketersediaan energi seseorang. Jika tubuh kita terjadi perubahan yang drastis dalam 3 hal itu, maka kedua kelenjar utama pengatur hormon tubuh juga akan mempengaruhi kelenjar dari hipofisis yang juga akan mempengaruhi indung telur sebagai penghasil hormon estrogen. Jadi dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan kalau perubahan pola makan kita selama puasa bisa mempengaruhi siklus menstruasi kita Healthy Women! Tapi ga usah khawatir Healthy Women, kita bisa meminimalisir perubahan siklus menstruasi saat puasa dengan cara ini!

1. Tetap penuhi kebutuhan energi dan nutrisi saat puasa

Jangan terlalu dominan pada 1 jenis makanan saja misalnya hanya karbohidrat dan atau gula aja nih, Healthy Women. Pastikan juga kebutuhan protein, lemak baik, dan mikronutrien seperti vitamin dan mineral kamu terpenuhi selama puasa.

2. Waktu istirahat yang teratur

Siklus tidur dan bangun kita juga mempengaruhi metabolisme tubuh yang akan mempengaruhi indung telur sebagai penghasil hormon estrogen lho! Hal ini tentunya bisa berdampak pada siklus menstruasi kita. Untuk itu usahakan tubuh kita beristirahat 8 jam setiap harinya sebelum bangun untuk sahur pagi harinya.

3. Mencukupi nutrisi tubuh dan jangan berlebihan

Salah satu kebiasaan yang sangat sering dilakukan saat puasa adalah makan secara berlebihan saat sahur atau berbuka. Hal ini tidak baik karena dapat mendatangkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Kita harus tetap menjaga pola makan agar metabolisme tubuh tetap terjaga dan tidak mempengaruhi siklus menstruasi kita. Cukup dengan memenuhi nutrisi tubuh dengan makan makanan yang memiliki karbohidrat kompleks seperti beras merah, buah-buahan yang tinggi serat, ikan dan daging sapi yang kaya akan protein, dan minum air putih setidaknya 2 liter sehari.

4. Hindari stress berat dan lakukan olahraga ringan

Berolahraga dapat memperbaiki metabolisme kita lho! Selain itu olahraga juga dapat membantu meminimalisir stress yang yang dapat mempengaruhi siklus menstruasi kita. Jadi daripada kita stress mending kita olahraga , seperti jalan kaki keliling komplek rumah, virtual yoga class di Instagram Live, dan olahraga cardio dari video di YouTube selama 45 menit - 1 jam sehingga tubuh kita tetap produktif walau #DiRumahAja dan siklus menstruasi kita tidak terganggu. Nah buat Healthy Women yang akan menjalankan ibadah puasa, kamu bisa mengikuti tips-tips di atas agar tidak terlalu mempengaruhi siklus menstruasi dan ibadah puasamu tetap berjalan lancar. Dan juga saat menstruasi datang nanti, pastikan di bulan yang suci ini untuk tetap menggunakan pembalut yang memiliki antiseptik alami, teruji klinis, dan tentunya halal seperti yang dimiliki Softex Daun Sirih ya. Semoga bermanfaat Healthy Women!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.