Get your FREE
sample now!
Hal Yang Bisa Dilakukan Di Tiap Siklus  Menstruasi

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Tiap Siklus Menstruasi

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Hal Yang Bisa Dilakukan Di Tiap Siklus Menstruasi

article-image

Ada masa di mana kita ngerasa lemas dan nggak mood ngapa-ngapain. Ada juga masa di mana kita bersemangat banget dan pengen serba produktif. Kenapa ya?

Blame it to our hormones! Karena tubuh perempuan akan selalu melewati empat siklus mesntruasi, yaitu ketika hormon di dalam tubuh kita bergejolak naik turun dan akibatnya hal ini berpengearuh banget sama aktivitas kita sehari-hari dan juga mood serta perasaan kita. Wah susah dong kalau gitu? Tenaaang, kita masih bisa kok tetap produktif dan nyaman di tiap siklus menstruasi (haid) selama kamu tahu bagaimana empat siklus menstruasi itu bekerja dan apa efeknya ke tubuh kita.

article-image

MINGGU 1 – FASE MENSTRUASI (HAID)

Di dalam minggu ini, tubuh kita mengalami menstruasi (haid) yaitu proses pelepasan lapisan rahim yang dibentuk buat mempersiapkan kehamilan, dan luruh bersama darah yang keluar dari vagina. Pada fase ini, hormon estrogen di tubuh kita lagi rendah, jadi kita gampang banget merasa lelah dan lemas. Di tambah lagi adanya kontraksi dari rahim yang bikin area perut jadi nyeri, dan bikin kita jadi nggak semangat banget ngapa-ngapain.

article-image

What to do:

  • Mandi dengan air hangat, baik itu lewat shower atau berendam. Air hangat bisa mengurangi rasa nyeri dan memberi rasa rileks pada tubuh. Setelahnya atau dalam keadaan mendesak, kita bisa lakukan kompres air hangat di bagian yang nyeri buat mengurangi sakitnya.
  • Olahraga ringan dianjurkan banget selama fase ini. Ngerti banget sih badan lagi dalam keadaan lemas, tapi ngelakuin gerakan ringan kayak stretching, jalan-jalan sore, atau latihan pernafasan bisa ngembaliin semangat dari tubuh kita yang lemas dan mood kita yang turun.
  • Buat asupan, penting juga buat diperhatiin. Ganti dulu minuman dingin atau kafein kita seminggu ini dengan minuman yang menghangatkan, seperti teh hangat, air jahe, ataupun air putih hangat. Konsumsi makanan yang mengandung protein kayak daging merah, sayuran hijau tua, dan juga dark chocolate yang bisa ngembaliin mood jadi happy!

Di fase ini juga, beberapa dari kita juga bakal ngerasa dampaknya buat mental, kayak mood swing yang berlebih, gampang emosi, marah-marah, atau jadi lebih sensitif dan cengeng. Perubahan hormon ini juga bikin suhu tubuh kita meningkat dan bikin kita jadi gelisah dan susah tidur. Nggak apa- apa kok untuk take a break dari kegiatan yang menguras energi selama fase ini, terutama di hari 1-2 menstruasi (haid). Setelah menginjak hari 3-7, biasanya hormon estrogen di tubuh kita udah makin naik dan bikin kita ngerasa lebih kreatif, lebih fokus sama kegiatan yang kita harus lakukan, dan bersemangat buat ngelakuin aktivitas di luar rumah. Btw selama masa pandemi, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan ya!

Gunakan pembalut nyaman, seperti Softex Comfort Slim yang bisa menyerap 1 detik sehingga cepat kering dan nggak bikin lembap. Dengan berbagai pilihan ukuran, cocok dipakai pas lagi extra heavy flow dan bisa bantu cegah bocor belakang. Waktu aktivitas dan istirahat kita jadi makin bebas worry!

MINGGU 2 – FASE FOLLICULAR (PERSIAPAN OVULASI)

Berbeda dari fase pertama, tubuh kita jadi lebih enerjik karena meningkatnya hormon estrogen dan testostern. Di tambah lagi munculnya hormon folliccle-stimulating yang bakal menstimulasi rahim buat memproduksi telur di tuba falopi. Dari situ, tubuh kita mulai kembali membangun dinding endometrium dan bersiap buat pelepasan sel telur yang matang dari ovarium, dan nggak jarang di fase ini vagina kita mengeluarkan cairan bening atau keputihan yang normal. Supaya tetap segar, gunakan Softex Pantyliner Forever Fresh dengan permukaan lembut, nyaman, dan anti geser yang cocok dipakai sehari-hari.

article-image

What to do:

  • Quality time bareng sahabat, bisa dengan bikin conference call dan nikmatin waktu buat refreshing bareng mereka. Bisa dibilang, fase ini jadi masa gemilang tubuh dan mental kita. Kita jadi ngerasa lebih segar, happy, rasa nyeri hilang, nggak ngerasa bloating atau kembung, plus jerawat hormonal yang datang tiap menstruasi juga hilang. Kulit juga kelihatan lebih glowing dan mulus!
  • Selesaikan aktivitas yang sempat terhambat, karena di fase ini juga kita jadi ngerasa lebih bersemangat dan kreatif. Jadi, nggak ada salahnya buat menyalurkan energi dan fokus kita ke hal-hal yang tertunda di minggu lalu.
  • Olahraga jangan skip ya, it’s a better time to do cardio! Tapi inget, tetap jaga supaya nggak berlebihan dan bikin tubuh drop. Karena hormon udah nggak melonjak naik turun, tidur kita juga udah bisa lebih nyenyak dan nggak gelisah lagi.

Jangan lupa untuk selalu rajin minum air putih, dan juga makanan yang bagus buat Kesehatan vagina dan proses ovulasi, kayak buah alpukat, kacang-kacangan, juga kimchi. Cek selengkapnya di artikel MAKANAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN VAGINA ya!

MINGGU 3 – FASE OVULASI

Telur yang udah selesai diproduksi dan matang akan keluar dari tube falopi menuju ke arah rahim, bersiap untuk dibuahi oleh sperma melalu aktivitas seksual. Dan di fase inilah perempuan mengalami masa subur dan punya potensi besar untuk mengalami kehamilan. Uniknya, walaupun fase ini memakan waktu 5-7 hari, sel telur yang udah siap tersebut dilepas dalam satu hari, dan bisa bertahan hingga 24 jam sampai terjadi proses pembuahan dari sperma. Kalau nggak dibuahi, sel telur tersebut akan larut.

Tapi buat remaja kayak kita justru harus hati-hati, karena kehamilan justru jadi risiko besar saat memutuskan buat berhubungan seksual di usia dini! Nggak hanya itu, risiko lain juga bisa terjadi seperti yang terangkum di artikel RISIKO SEKS DI USIA REMAJA berikut ini.

article-image

What to do:

  • Di fase ini, hormon estrogen di dalam tubuh lagi mengalami penurunan perlahan, walaupun kita masih ngerasain semangat yang sama kayak di fase follicular. Karena itu, tetap lakukan olahraga ringan dengan mengurangi cardio. Bisa dengan Yoga atau bersepeda santai aja keliling komplek.
  • Buat ngejaga supaya hormon estrogen tetap imbang, kita bisa maintain dengan makanan dan minuman yang nggak terlalu banyak mengandung gula. Green tea bisa jadi pilihan bagus di fase ini!
  • Sedangkan secara mental, beberapa penelitian menunjukkan kalau fase ini menjadikan kita jadi lebih percaya diri dan juga kreatif. Mumpung masih masa school from home, kita bisa manfaatin sisi kreatif kita dengan ngelakuin beberapa hobi yang sempat ketunda, misalnya belajar ukulele, masak, atau latihan ber-makeup.

MINGGU 4 – FASE LUTEAL (PRE MENSTRUAL)

Setelah tubuh kita melewati fase ovulasi, mulai nih hormon progesteron kita meningkat, dan hal ini yang ngebantu penebalan lapisan rahim sebagai ‘tempat’ buat pembentukan embrio dari sel telur yang berhasil dibuahi dari aktivitas seksual. Tapi kalau nggak ada sel telur yang dibuahi, otomatis hormon estrogen, testosteron, dan progesteron kita bakal melonjak turun, dan ini bisa menyebabkan beberapa perubahan yang signifikan di dalam tubuh kita, kayak nyeri payudara, muncul jerawat, nyeri di pinggang, atau sakit kepala. Di fase inilah kita mengalami PMS atau Pre Menstrual Syndrome.

article-image

What to do

  • Banyak perempuan yang justru kesulitan buat beraktivitas begitu masuk ke fase ini, dan milih buat istirahat dan bermalas-malasan aja di tempat tidur. Karena hormon yang naik turun, kita juga jadi gampang laper dan selalu pengen mengonsumsi makanan tinggi gula.
  • Sebelum kebablasan, baiknya kita bisa kontrol asupan kayak perbanyak makanan sehat seperti ikan, kacang-kacangan, dan buah-buahan dengan lemak baik seperti alpukat. Hindari dulu makanan dan minuman yang tinggi gula secara berlebihan dan juga berkafein. Itu malah bisa bikin nyeri PMS tambah parah!
  • Olahraga juga jadi jurus penting nih buat bikin kita tetap in the mood selama PMS. Karena suhu tubuh juga lagi meningkat, nggak usah olahraga terlalu lama. Cukup 30 menit aja dan dilakukan selama 2-3 kali seminggu. Kalaupun mau bersantai dan me time, kita bisa lakukan kegiatan positif kayak nonton film komedi, dengerin lagu yang happy, chit chat sama sahabat, atau apapun yang bikin kita naikin mood kita. Never surrender to our bad mood, girls!
article-image

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30