Get your FREE
sample now!
Fungsi dan Cara mengolah Daun  Sirih Untuk Kesehatan

Fungsi dan Cara mengolah Daun Sirih Untuk Kesehatan

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Fungsi dan Cara mengolah Daun Sirih Untuk Kesehatan

article-image

Daun sirih, si tanaman hias yang sering ditemui di banyak perumahan ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Selain dikenal sebagai antiseptik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit, daun sirih mengandung vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium, tannin, dan beragam minyak esential lainnya.

Dengan segala manfaat dan khasiatnya tersebut, gak heran nenek moyang kita selalu pakai daun sirih sebagai obat tradisional, baik itu untuk mengatasi penyakit kulit di luar sampai untuk mengatasi penyakit dari dalam tubuh.

article-image

Buat kamu yang mau menggunakan daun sirih untuk kesehatan, Happifyourworld udah merangkum 5 fungsi dan cara mengolah daun sirih untuk kesehatan, dicoba yuk!

MENINGKATKAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT

article-image

Untuk mengatasi gigi berlubang, sakit gigi, mulut bau, atau pun nyeri gusi, rebus empat lembar daun sirih (bisa juga dicampur garam) dengan dua gelas air. Setelah dingin, gunakan rebusan daun sirih itu untuk berkumur dan ulangi terus sehari dua kali hingga sembuh. Untuk menjaga gigi tetap putih dan bersih, kita bisa melakukan cara yang sering digunakan oleh nenek moyang kita dulu, yaitu dengan menggosok daun sirih yang sudah bersih ke gigi.

MENGATASI KEPUTIHAN GAK NORMAL DAN GATAL PADA VAGINA

article-image

Area vagina gatal sampai mengeluarkan keputihan yang gak normal? Kamu bisa coba coba membasuhnya dengan air rebusan daun sirih. Caranya mudah banget kok. Cukup rebus 7 sampai 10 lembar daun sirih bersama 2 liter air hingga mendidih. Diamkan hingga hangat-hangat kuku, terus gunakan rebusan daun sirih itu untuk membasuh atau membersihkan area luar vagina. Lakukan secara berulang hingga gatal kamu mereda.

Ingat, jangan dipakai untuk membersihkan area dalam vagina ya. takutnya nanti malah mengganggu ekosistem bakteri baik dan mengubah kadar pH vagina.

Gatal dan bau ini juga paling sering muncul pas lagi menstruasi (haid) yang bikin kita gak nyaman. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa pakai Softex Celana menstruasi Daun Sirih. Ekstrak daun sirihnya mampu menghambat bakteri dan mengurangi bau, jadi mau beraktivitas sepadat apapun, gak akan khawatir lagi deh. Yuk Cobain Aja Dulu!

MENGOBATI JERAWAT

Pejuang jerawat berkumpul! Pas PMS, jerawat pasti aja tiba-tiba "arisan" dan gak mau pergi dari wajah, duh sebel deh. Apalagi yang punya jerawat hormonal udah pasti bingung harus pakai obat jerawat apa. Nah pakai aja pasta daun sirih! Caranya rabus beberapa lembar daun sirih lalu tumbuk dan oles di jerawat.

Anti-inflamasi dari daun sirih bisa bermanfaat untuk mengeringkan jerawat, selain itu bisa juga lho dipakai untuk jerawat di punggung. Air rebusannya juga bisa dipakai untuk mandi kalau kamu punya penyakit kulit lainnya.

MENGATASI RAMBUT RONTOK

article-image

Baru dengarkan? Ternyata daun sirih juga bisa bantu ngatasin rambut rontok lho dan nenek moyang kita sering memakainya dulu untuk menjaga kesehatan rambut mereka. Berhubung saat itu kan belum ada tuh yang namanya salon atau creambath.

Nah caranya ternyata mudah banget. Daun sirih yang udah dicuci bersih, digiling hingga halus, campur dengan minyak kelapa atau cem-ceman, kalau mau pakai minyak lain yang punya khasiat bagus untuk rambut juga boleh. Kalau udah halus dan berbentuk pasta, oleskan ke rambut dan diamkan kira-kira satu jam. Setelah itu bersihkan dan keramas seperti biasa deh.

MENGATASI DIARE ATAU SEMBELIT

article-image

Buang air besar gak lancar sampai bikin sembelit atau diare? Kamu bisa coba meminum air rebusan daun sirih. Daun sirih hijau atau merah bisa bantu meningkatkan produksi lendir yang melindungi saluran cerna dan mengurangi volume sekresi asam lambung

.

Cara membuatnya cuci bersih kemudian rebus daun sirih hijau atau merah bersama daun mint (ini opsional kalau kamu gak suka dengan rasa alami daun sirih) selama 30 menit, lalu saring dan minum dua hingga tiga kali sehari sebelum makan. Cara kedua, kamu bisa coba keringkan dulu daun sirihnya setelah dicuci bersih baru direbus. Selain direbus, daun sirih juga

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.