Get your FREE
sample now!
Kenapa Harus Hindari Minuman Ini Saat Menstruasi ya

Kenapa Harus Hindari Minuman Ini Saat Menstruasi, ya?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

06 October 2021

What's Happening

Saat menstruasi, nggak jarang dari kita yang nafsu makannya bertambah. Bener nggak nih? Biasanya, kita jadi sering cepat lapar dan rasanya ingin icip-icip makanan atau minuman yang manis. Tapi tenang aja karena hal ini wajar ya girls, karena saat menstruasi ada perubahan hormon di dalam tubuh sehingga kita cenderung ingin makanan atau minuman yang tinggi karbohidrat dan gula.

Memang karbohidrat dan gula itu bisa memperbaiki suasana hati yang buruk, tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan ternyata bisa memberikan efek samping seperti nyeri atau kram yang tambah parah. Untuk itu, mari kita simak bareng beberapa minuman yang harus kita hindari saat menstruasi. Apa saja dan kenapa ya minuman berikut ini harus dihindari?

1. Kafein

article-image

Photo by Jason Villanueva from Pexels

Saat menstruasi kita disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein. Kafein dapat memberikan efek samping seperti rasa gelisah, cemas, jantung yang berdegup lebih cepat, bahkan membuat kamu lebih sulit tidur. Efek samping yang muncul ini tentunya akan membuat suasana hati semakin kacau saat menstruasi karena kita jadi sulit beristirahat dan lebih sensitif.

Selain itu, kafein juga ternyata dapat memperburuk kram atau sakit pada perut saat menstruasi lho. Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga sakit atau nyeri pada perut akan semakin terasa. Apalagi, kafein bisa meningkatkan asam sehingga rentan menyebabkan sakit maag.

Minuman yang mengandung kafein tidak hanya kopi saja ya, girls. Teh dan minuman coklat pun mengandung kafein, jadi sebaiknya saat menstruasi kamu menghindari juga minuman-minuman tersebut.

2. Susu

article-image

Selain kafein, kita juga harus menghindari minuman yang mengandung susu seperti yoghurt atau es krim karena kebanyakan minuman yang mengandung susu terbuat dari pemanis buatan. Ketika kita terlalu banyak mengonsumsi gula, ada efek sampingnya berupa perubahan suasana hati (mood swings) dan juga kembung (bloating).

Nah, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung susu secara berlebihan karena perubahan suasana hati akan membuat kamu tidak nyaman saat masa menstruasi.

3. Alkohol

article-image

Alkohol juga harus dihindari saat menstruasi. Alkohol bersifat diuretik atau dapat meningkatkan pembentukan urin yang dapat menyebabkan tubuh kita dehidrasi. Nah ketika dehidrasi, kram atau nyeri di perut akan semakin parah. Maka dari itu, saat menstruasi kita disarankan untuk banyak minum air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

Alkohol juga bisa mengakibatkan penurunan kadar gula pada darah. Penurunan kadar gula ini dapat membuat perubahan mood seperti semakin sensitif, gelisah, bahkan dapat menyebabkan sakit kepala. Kamu nggak mau kan tubuhmu tambah sakit saat menstruasi?

4. Soda

article-image

Siapa disini yang senang mengonsumsi minuman bersoda? Saat menstruasi, sebaiknya hindari soda karena mengandung kadar gula yang tinggi. Gula memiliki sifat yang dapat memicu peradangan sehingga dapat meningkatkan rasa sakit atau kram pada perut. Selain itu, gula yang berlebihan juga membuat sistem kekebalan tubuh tidak seimbang sehingga kamu akan lebih mudah lelah.

Tidak hanya gula, minuman bersoda juga mengandung kafein, tinggi kalori, namun rendah nutrisi, jadi lebih baik kamu hindari.

Sebaliknya, saat menstruasi kamu perlu mengonsumsi banyak air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memberikan asupan buah-buahan seperti jus semangka, timun, atau pun stroberi yang punya nutrisi baik untuk tubuhmu.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya pengalaman mengonsumsi minuman yang seharusnya dihindari dan jadinya memperburuk masa menstruasi kamu? Yuk, bagikan pengalaman kamu dan diskusi dengan teman-teman lainnya di Instagram @womenhealthypedia!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30