Get your FREE
sample now!
Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid Boleh Nggak Sih

Konsumsi Obat Pereda Nyeri Haid Boleh Nggak Sih?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

04 April 2022

What's Happening

Setiap cewek pasti pernah merasakan nyeri luar biasa saat menstruasi, seperti nyeri pada bagian perut. Rasa nyeri ini dapat terjadi karena dinding rahim yang meluruh dan mengeluarkan darah dapat mengurangi oksigen pada rahim. Sehingga, saat menstruasi kram pada perut kerap dirasakan.

Nyeri saat haid memang normal terjadi, namun jika rasa nyerinya berlebihan bisa sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari lho. Maka dari itu tak jarang yang mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau minuman anti nyeri haid.

Lalu, apakah aman mengkonsumsi obat pereda nyeri saat menstruasi? Dilansir melalui laman klikdokter, mengonsumsi obat pereda nyeri saat menstruasi aman-aman saja namun dosisnya perlu diperhatikan.

Obat pereda nyeri seperti diklofenak, ibuprofen, dan naproxen, adalah golongan NSAID yang dapat dibeli tanpa resep dokter. Maka dari itu, dosis obat pereda nyeri harus lebih diperhatikan karena jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan memiliki efek samping.

Efek Samping Konsumsi Obat Pereda Nyeri

article-image

Melansir Cleveland Clinic, ternyata konsumsi obat nyeri haid seperti ibuprofen dalam dosis tinggi dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Ini disebabkan karena terganggunya produksi hormon estrogen sehingga dapat mengubah siklus menstruasi dari biasanya.

Selain berisiko pada perubahan siklus menstruasi, konsumsi obat pereda nyeri dalam dosis tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti maag, iritasi pada lambung, pendarahan jika dikonsumsi bersamaan dengan obat pengencer darah, dan edema (pembengkakan).

Maka dari itu, hindari mengkonsumsi obat pereda nyeri dengan dosis tinggi dan dalam jangka waktu panjang tidak direkomendasikan.

Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat

“Terus kalau nyeri banget saat menstruasi gimana dong?”

Nah, apabila kamu merasakan kram perut saat haid, kamu bisa melakukan beberapa tindakan seperti berikut ini ya girls!

  1. Mengompres perut dengan air hangat agar melemaskan otot rahim yang tegang.
  2. Perbanyak konsumsi air putih karena dehidrasi adalah salah satu penyebab kram pada otot.
  3. Hindari makanan atau minuman yang tinggi garam, bersoda, alkohol, dan kafein.
  4. Minum suplemen vitamin D. Penelitian dari jurnal Gynecological Endocrinology menemukan bahwa 60 perempuan yang mengalami nyeri haid, kekurangan vitamin D.
  5. Apabila memungkinkan, kamu dapat berolahraga ringan untuk melancarkan peredaran darah.

Walaupun nyeri perut saat menstruasi normal dirasakan setiap perempuan, namun kamu harus memperhatikan lebih lanjut jika nyeri yang dirasa terjadi dalam jangka waktu panjang. Dismenore sekunder adalah kondisi nyeri haid yang tidak tertahankan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejalanya bisa berupa mual, muntah, bahkan pingsan.

article-image

Jika kamu mengalami nyeri haid yang sangat mengganggu sebaiknya kunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Girls, kamu tahu cara lain untuk meredakan nyeri saat haid selain mengkonsumsi obat pereda nyeri? Yuk, bagikan cerita dan pengalaman kamu di Instagram @womenhealthypedia !

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30