Get your FREE
sample now!
Alasan kenapa Vagina Selalu Basah

Alasan kenapa Vagina Selalu Basah

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Kenapa vagina selalu basah? Disadari atau nggak, vagina kita ternyata selalu mengeluarkan cairan pelumas (lubricant), dan ini normal kok dan memang bagian dari fisiologis tubuh perempuan

article-image

Bukan hanya karena rangsangan seksualitas, kita pasti akan merasa ‘basah’ di area vagina ketika mengalami rasa panik ataupun tegang. Ini adalah reaksi normal vagina.

 

Dilansir dari Healthline, terapis seks bersertifikat Dr. Janet Brito menjelaskan kalau kelenjar di leher rahim dan dinding vagina membuat cairan pelumas (lubrikasi) untuk melindungi area genital dari cedera atau robek. Serta menjaganya supaya tetap bersih dan lembap. Lembap di sini maksudnya lembap normal ya. Dan tergantung kondisinya, misalnya kita lagi ada di siklus menstruasi dan level hormon apa, jumlah cairan serviks ini bisa bervariasi.

 

Banyak yang berpikir cairan lubrikasi ini hanya muncul ketika sedang berhubungan seksual, dan kadang ini bikin kita bingung, padahal sih alasannya gak selalu karena hal tersebut. Jika ada cairan ini, itu berarti kelenjar sedang bekerja sebagai bagian dari anatomi tubuh kita.

 

Dan seberapa ‘basah’ vagina kita, tergantung pada beberapa faktor, yaitu: ·       Hormon, ·       Umur, ·       Sedang dalam kondisi pengobatan medis, ·       Kesehatan mental, ·       Faktor relationship, ·       Kelenjar keringat dan seberapa banyak kita berkeringat, ·       Level stres, ·       Jenis pakaian yang kita pakai, ·       Infeksi (penyakit). Infeksi seperti bacterial vaginosis bisa jadi penyebab basah berlebihan, karena cairannya berusaha untuk mengeluarkan bakteri dari saluran vagina kita.

 

Vagina basah juga bisa berarti cara tubuh kita untuk menjaga tetap seimbang. Misalnya, kalau bukan lubrikasi, ada kemungkinan kelenjar keringat kita mengeluarkan keringat untuk menjaga suhu tubuh. Atau kita sedang ada di dalam siklus menstruasi tertentu.  

INI YANG BISA KAMU LAKUKAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN VAGINA

article-image

Terlepas dari apa penyebab vagina kita basah dan juga karena cairan vagina gak bisa diprediksi kapan datangnya, yang bisa dan harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan dan kesehatan vagina kita.

 

Usahakan untuk selalu memakai pantyliner terutama yang bisa membuat area vagina lebih dingin. Seperti Softex Natural Cool+. Ekstrak daun mint dan daun sirihnya bisa ngasih sensasi dingin dan mencegah lembap, sekaligus sebagai antiseptik alami untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau.   Ingat ya, kalau kamu merasa vagina gak normal misalnya gatal atau berbau, segera konsultasikan ke dokter!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.