Get your FREE
sample now!
Fakta Vagina Buntu

Fakta Vagina Buntu

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Beberapa waktu lalu, Happifyourworld membagikan cerita dari Happy Females yang mengalami vaginal septum atau vagina buntu. Istilah yang masih asing di telinga ini ternyata bisa bikin kita sebagai perempuan putus asa. Sebenarnya apa sih vagina buntu itu? Cek faktanya di sini!

VAGINA BUNTU = KONDISI VAGINA TERTUTUP

article-image

Dilansir dari Metro.co.uk, vagina buntu adalah kondisi ketika saluran vagina tertutup oleh sesuatu semacam ‘dinding’ jaringan, sehingga membuat vagina jadi gak terhubung atau terpisah dengan organ reproduksi lainnya. Beda dengan selaput dara (hymen), jaringan vagina buntu ini ada di area kanal vagina yang bikin vagina jadi lebih dangkal atau pendek.

VAGINA BUNTU ADALAH KONDISI DARI LAHIR

Yup, vagina buntu termasuk kondisi bawaan dari lahir yang diakibatkan sistem reproduksi yang gak berkembang dengan sempurna ketika di dalam kandungan, akibatnya bayi mengalamin vagina buntu. Selain gak mengalami menstruasi (haid), yang bisa aja itu mungkin gejala penyakit gangguan menstruasi lainnya, secara fisik, perkembangan pubertasnya gak mengalami hal aneh.

PENDERITA VAGINA BUNTU GAK TAU DIA MENGALAMINYA SAMPAI MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL

Karena gak ada gejala yang spesifik, kebanyakan perempuan baru tau mereka mengalami vagina buntu setelah masa pubertas dan mulai berhubungan seksual.Karena saluran vagina yang tertutup dinding atau pendek, penis akan sulit, bahkan gak bisa masuk dan berpenetrasi, yang menyebabkan perempuan akan mengalami sakit yang luar biasa ketika berhubungan.

article-image

PENDERITA VAGINA BUNTU KEBANYAKAN MENDERITA SECARA PSIKIS DIBANDING FISIK

Dari cerita yang dibagikan Happy Females di post Instagram Happify your world, penderita vagina buntu akan kesulitan untuk mempunyai anak, karena fisiknya yang gak memungkinkan untuk terjadinya pembuahan ketika berhubungan seksual. Hal ini akan membuat mereka merasa rendah diri, malu, dan gak diterima. Belum lagi ditambah tuntutan keluarga dan pertanyaan “basa-basi” dari sekitarnya, akan semakin bikin penderita vagina buntu mengalami depresi dan stress.

VAGINA BUNTU BISA DIOBATI

There will always hope. Dari riset yang diterbitkan British Medical Journal, ada seorang perempuan Pakistan yang berusia 20 tahun dan mengalami vagina buntu, berhasil hamil dan melahirkan secara caesar setelah menjalani perawatan. Perawatan yang dijalani perempuan Pakistan tersebut berupa operasi untuk membuka ‘dinding’ yang memisahkan kanal vaginanya, dan disambung dengan silikon. Dan setelah beberapa bulan menjalani hubungan seks, ia dan suaminya berhasil mempunyai anak.

article-image

Masih dilansir dari Metro.co.uk, Dr Sarah Welsh, salah satu pendiri Hanx nyaranin ke penderita vagina buntu untuk melakukan perawatan utama. Yaitu pembedahan di rumah sakit spesialis untuk menghilangkan jaringan berserat atau ‘dinding’ yang menyebabkan penyumbatan di vagina. Tindakan ini juga mungkin butuh perawatan lebih lanjut untuk memastikan saluran vagina gak menyempit (Kembali) ketika sembuh.

Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.