Get your FREE
sample now!
Flek Cokelat Normal Atau Nggak

Flek Cokelat, Normal Atau Nggak?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Flek cokelat yang biasa muncul di awal sebelum haid dan di akhir sesudah haid ini terkadang bikin kita berpikir aneh-aneh. Kenapa bisa keluar ya? Apa penyebabnya? Normal atau nggak sih flek cokelat tersebut? Yuk temukan jawabannya di sini!

Kenapa Aku Keluar Flek Cokelat?

Biasanya ada beberapa faktor penyebab kenapa flek cokelat ini muncul, yaitu:

Sisa Darah Di Rahim

Flek cokelat ini bisa aja cairan keputihan yang sedikit bercampur dengan darah tua sisa menstruasi (haid) yang kita alami di bulan sebelumnya. Sisa darah ini menempel di dinding rahim, warnanya cokelat kehitaman dibanding darah haid biasanya. Hal ini karena darah sudah teroksidadi setelah mengendap lama di rahim. Teksturnya pun beragam, kadang menggumpal, kental dan lengket, tapi seringkali kering. Kebanyakan cewek ngalamin flek cokelat 1-2 hari sebelum dan sesudah haid selesai. Munculnya flek cokelat ini termasuk gejala umum dan normal, flek akan berhenti luruh seiring berjalannya waktu.

Gejala PMS

Kalo ini biasanya keluar sebelum menstruasi (haid) yang nandain kalo menstruasi (haid) kita mau datang. Keluar 1-2 hari atau bahkan beberapa jam sebelum haid datang.

Tapi, gimana kalau belum pernah menstruasi (haid) keluar flek kecokelatan? Ini bisa jadi tanda kita mau dapat menstruasi (haid) pertama atau menarche. Yang biasanya akan diikuti keluar darah, lalu akan kembali jadi flek kecokelatan. Cuma ada beberapa kondisi hanya keluar flek atau bercak kecokelatan aja untuk beberapa hari, gak usah kuatir ya, ini masih bisa terbilang normal.

Cedera Miss V

Salah satu kemungkinan lain flek cokelat adalah ada cedera Miss V yang diakibatkan oleh penetrasi seksual atau iritasi ketika melakukan hubungan seksual. Kalau sebabnya karena hal ini, segera konsultasi ke dokter untuk dicek lebih lanjut ya.

Berkaitan Dengan Alat Kontrasepsi (KB)

Menurut HelloSehat, Pil KB atau KB spiral bisa membuat Miss V mengeluarkan bercak cokelat, hal ini masih terhitung normal selama nggak terjadi pendarahan parah.

Perimenopause

Perimenopause adalah fase peralihan menuju menopause yang umumnya dialami wanita menjelang usia paruh baya, yang biasanya dimulai sekitar 10 tahun sebelum kita “resmi” menopause (usia 50 tahun).

Kapan Sih Harus Periksa Ke Dokter?

Biarpun flek cokelat gejala normal tapi nggak semua penyebabnya normal. Kalo flek cokelat kita disertai gejala lainnya yang bikin nggak nyaman, ini artinya kita harus segera memeriksakan ke dokter. Terutama kalo:

● Selain flek cokelat, Miss V juga mengeluarkan cairan berwarna kuning atau kehijauan.

● Flek cokelat keluar dalam jumlah banyak dan dalam waktu lama (lebih dari 7 hari), dan nggak juga menghilang atau berkurang.

● Ngalamin bengkak kemerahan di sekitar vulva (kulit luar Miss V).

● Ngalamin kram perut yang parah sampe nggak bisa bergerak atau nyeri panggul.

● Terasa sakit, perih, nyeri dan ada sensasi terbakar ketika buang air kecil.

● Demam tinggi, ini biasanya nunjukin adanya infeksi.

● Flek cokelat disertai gatal-gatal di area Miss V.

● Ada aroma nggak sedap dan kuat.

● Terasa sakit dan nyeri nggak tertahankan ketika berhubungan seksual.

Ingat ya, nggak perlu takut untuk memeriksakan ke dokter, semakin cepat diperiksa akan semakin kita tahu penyebabnya apa dan semakin cepat pula ditanganin. Dan jangan lupa selalu sedia Softex Pantyliner Forever Fresh yang bisa dipakai untuk sehari-hari ataupun ketika menstruasi (haid) kita tinggal sedikit ya.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.