Get your FREE
sample now!
Haid Dua Kali Sebulan Normal atau  Tidak ya

Haid Dua Kali Sebulan, Normal atau Tidak ya?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Haid dua kali sebulan, kok bisa? Siklus menstruasi (haid) normalnya adalah 21 atau 22 - 35 hari sekali. Tapi ada juga sebagian yang dapat menstruasi (haid) dua kali dalam sebulan. Hmm kenapa ya? Sebenarnya apa sih yang bikin haid kita muncul dua kali? Bahaya nggak ya kalau hal ini kejadian di kita?

Kenapa Kita Bisa Ngalamin Haid Dua Kali Sebulan?

Ada banyak faktor kenapa kita bisa mengalami siklus haid dua kali dalam sebulan. Beberapa tergolong normal dan bisa diatasi dengan melakukan penyesuaian sama gaya hidup, jadi kamu gak perlu khawatir. Di antaranya:

● Masih dalam masa puber

Siklus haid yang terjadi dua kali dalam sebulan mungkin banget terjadi sama kita yang baru aja memasuki masa puber. Hal ini karena siklus haid kita belum teratur karena hormon reproduksi estrogen dan progesteron yang belum seimbang. Seiring berjalannya waktu dan hormon udah seimbang, haid kita bakal menyesuaikan dengan sendirinya dan siklus menstruasi (haid) akan teratur.

● Adanya perubahan siklus

Biasanya, siklus haid yang dialami sama perempuan adalah satu kali dalam sebulan yaitu antara

21-45 hari dengan durasi 2-10 hari

. Nah, kalau haid yang kita alami datang dua kali dalam sebulan, bisa jadi kita termasuk di golongan siklus 21 hari, dan hal ini normal kok! Bisa juga tubuh kita melakukan perubahan siklus yang bikin haid kita jadi lebih maju, setelah itu siklus akan kembali seperti semula.

● Tubuh dan pikiran mengalami stres

Haid dua kali dalam sebulan juga terjadi karena adanya stres. Faktanya, siklus haid kita paling gampang banget lho buat terpengaruh saat badan terlalu capek dan pikiran dalam kondisi stres.

● Berat badan yang turun atau naik secara drastis

Ini juga jadi alasan kenapa diet ketat yang bikin berat badan turun ekstrim, dan berat badan yang naik secara berlebihan sampai obesitas itu nggak baik buat kesehatan. Selain ngaruh ke organ tubuh lain, turun naik berat badan yang terlalu cepat bikin hormon dan siklus haid kita ikut berantakan, bisa jadi muncul dua kali dalam sebulan atau bahkan nggak muncul sama sekali.

● Pengaruh dari obat-obatan atau alat kontrasepsi

Buat perempuan dewasa yang lepas dari pil KB, atau yang lagi mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa mengalami kondisi haid dua kali dalam sebulan. Soalnya, saat pil KB yang tadinya berfungsi untuk mencegah kehamilan dihentikan pemakaiannya, bikin hormon kembali melakukan penyesuaian dan bikin haid jadi ikut nggak teratur.

article-image

Tapi, saat haid muncul di luar siklus ini sering terjadi dan jumlahnya banyak, disertai dengan keluhan haid lainnya. Bisa jadi, haid tersebut jadi tanda kalau ada kondisi tertentu yang serius dan perlu ditangani dengan segera, misalnya:

● Adanya miom pada dinding rahim

Walaupun ukurannya kecil, kehadiran tumor jinak di rahim atau miom (fibroid uterus) termasuk faktor kenapa haid kita muncul dua kali dalam sebulan dan mengeluarkan darah yang cukup banyak juga nyeri.

● Infeksi pada organ reproduksi

Keluarnya darah dari vagina saat nggak di siklus menstruasi bisa jadi tanda kalau organ reproduksi kita lagi ada masalah, salah satunya infeksi yang menyebabkan radang panggul atau pelvic inflammatory diseases (PID).

● Endometriosis

Pendarahan dan menstruasi yang nggak teratur juga bisa disebabkan karena adanya kondisi endometriosis, yaitu adanya lapisan endometrium atau dinding Rahim yang tumbuh di luar rongga rahim kita. Sampai sekarang, belum ada pengobatan yang bikin endometriosis sembuh 100%, tapi bisa diminimalisir dengan terapi.

● PCOS

Selain endometriosis, gangguan hormon yang bernama PCOS juga bisa jadi salah satu penyebab kenapa haid kita nggak teratur, bisa datang dua kali atau nggak datang sama sekali dalam waktu yang lama.

● Kelebihan atau kekurangan hormon tiroid

Karena haid berpegang kuat sama pengaruh hormon, siklus haid kita juga bakal berantakan kalau di tubuh kita ada gangguan hormon, seperti hipertiroidisme (kelebihan hormon tiroid) dan hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid). Walaupun nggak secara langsung berperan sebagai hormon haid, gangguan hormon tiroid ini bisa merembet ke siklus haid kita juga.

Lalu, Apakah Haid Dua Kali Dalam Sebulan Bisa Disebuhkan?

Haid dua kali dalam sebulan bisa jadi hal yang normal karena nantinya siklus haid akan menyesuaikan sendiri dengan tubuh kalau kita bisa menghindari stres, nggak diet ketat, dan sebagainya. Tapi saat kondisinya nggak kunjung berubah, malah makin parah dan nyeri, beberapa hal ini bisa kita lakukan:

● Pelan-pelan mulai untuk ubah gaya hidup jadi lebih sehat, rajin olahraga, jaga pola makan, dan hindari stres.

● Konsultasi ke dokter spesialis obgyn untuk tau keluhan apa yang kita alami, serta pengobatan yang tepat.

● Buat pengguna alat kontrasepsi, kalau dirasa alat kontrasepsi yang dipakai punya pengaruh besar ke hormon, sebaiknya konsultasikan buat punya pilihan lain yang nggak mengubah siklus haid kita.

Yang pasti, jangan lupa untuk selalu menyiapkan Softex Comfort Slim 36cm, pembalut aman dan nyaman yang punya daya serap tinggi hingga 3000 holes. Sehingga cepat kering dan gak bikin lembap area sensitif kita. Ampuh mengurangi bau gak sedap dan mudah banget dicuci. Gak bikin ribet dan gak bikin khawatir bocor!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30