Get your FREE
sample now!
Haid Nggak Normal Cek 5 Hal Ini  Sebelum Ke Dokter

Haid Nggak Normal? Cek 5 Hal Ini Sebelum Ke Dokter

Author 1 Last Updated 06/24/2024 2min

article-image

Menstruasi (haid) yang nggak normal dari biasanya kadang suka bikin kita parno karena takut kenapa-kenapa sama organ reproduksi kita. Tapi sebelumnya, coba lakukan lima hal ini sebelum kita mutusin untuk cek ke dokter.

Dalam satu siklus, normalnya kita bakal mengalami menstruasi (haid) satu bulan sekali dan berkisar di 3-7 hari. Tapi, setiap perempuan memiliki siklus dan pengalaman menstruasi (haid) yang beda-beda karena dipengaruhi oleh banyak hal dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh kita. Dengan periode yang konsisten, nentuin normal dan nggaknya menstruasi kita sebenarnya jadi lebih gampang.

article-image

Tapi, ada kalanya menstruasi (haid) yang datang nggak selalu berada di jalur ‘normal’. Tanda-tanda kayak menstruasi (haid) yang tiba-tiba terlambat, warna darah menstruasi yang nggak biasa, hingga nyeri PMS yang berlebihan bikin kita ngerasa takut kenapa-kenapa. Nah, sebelum berangkat ke dokter buat cek, lakukan hal-hal berikut ini dulu untuk mengetahui apa yang bikin menstruasi (haid) kita nggak normal!

CEK SIKLUS HAID 3 BULAN KE BELAKANG

article-image

Cara pertama yang harus kita lakukan saat menstruasi (hadi) kita nggak normal adalah ngecek siklus yang udah terjadi sebelumnya, karena menstruasi (haid) yang normal nggak ngasih kita tanda-tanda janggal dan akan keluar secara teratur. Kalau menstruasi (haid) kita terasa sakit, nggak teratur, atau telat, coba hitung siklus haid kita minimal dari tiga bulan sebelumnya. Tandai kapan hari pertama kita haid, lalu hitung rentang waktu dari hari tersebut ke hari pertama kita haid di bulan selanjutnya. Siklus haid yang normal biasanya seputar 21-35 hari, tapi kalau dari 3 bulan tersebut ada ketidaknormalan di salah satunya, masih dikatakan normal karena biasanya terjadi karena faktor tubuh yang kecapekan. Masih bingung gimana cara menghitungnya? Cek artikel CARA MENGHITUNG SIKLUS BULANAN berikut ini ya!

PERBAIKI LIFESTYLE

article-image

Kalau udah ngerasa ada yang nggak beres sama menstruasi (haid) kita, bisa jadi selama ini tubuh kita ngasih sinyal kalau gaya hidup kita juga bermasalah nih. Balik lagi, karena menstruasi (haid) dipengaruhi sama hormon, bukan nggak mungkin aktivitas dan kebiasaan kita ikut mempengaruhi keseimbangannya.

Selama satu siklus, usahakan untuk perbaiki gaya hidup kita yang mungkin selama ini berantakan. Mulai dari istirahat dan tidur yang cukup, nggak begadang, hindari stress, dan juga rutin berolah raga ringan.

ATUR ASUPAN DAN POLA MAKAN

article-image

Selain gaya hidup, salah satu penyebab haid nggak normal bisa jadi karena asupan gizi dan pola makan yang nggak seimbang atau diet yang terlalu ketat. Padahal, buat menjaga keseimbangan hormon, kita juga nggak bisa lepas dari gizi yang masuk ke tubuh kita udah sesuai apa belum. Kalaupun kita lagi menjaga berat badan dengan cara diet, pengurangan asupan ke dalam tubuh juga nggak boleh sembarangan dan harus diawasi oleh ahli gizi, supaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh nggak langsung berkurang drastis.

Kalau bulan ini pola makan kita berantakan, di bulan ini kita bisa pilih makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin C seperti papaya, wortel, ikan salmon, kacang almond, yang mampu menginduksi dan memperlancar haid. Selain itu, kita juga bisa jaga Kesehatan vagina dengan beberapa list makanan yang ada di artikel MAKANAN YANG BAIK UNTUK KESEHATAN VAGINA di sini ya!

AMATI PENGGUNAAN PRODUK PENDUKUNG SELAMA HAID

article-image

Banyak yang ngerasa kalau pilihan pembalut saat menstruasi (haid) termasuk urusan sepele dan nggak perlu dianggap serius. Padahal, penggunaan pembalut yang nggak tepat bisa jadi faktor iritasi dan infeksi pada vagina, sehingga membuatnya terasa nyeri dan nggak nyaman saat menstruasi (haid). Gunakan pembalut yang bikin kita nyaman saat menstruasi (haid), seperti Softex Comfort Slim 29 cm yang nggak mengandung pewangi atau parfum, berbahan kapas yang lembut dan mudah dicuci, juga panjang yang pas untuk dipakai saat hari-hari menstruasi (haid) kita. Jangan lupa juga untuk selalu rajin mengganti pembalut setiap 2- 3 jam sekali untuk menghindari perkembangan bakteri dan jamur di area vagina.

RE-CHECK KEMBALI SIKLUSNYA

Setelah melakukan poin-poin di atas, cek lagi apakah siklus haid kita udah kembali seperti semua atau belum. Apakah kita masih merasa ada hal yang nggak normal dari menstruasi (haid) kita, misalnya masih terlambat atau nggak, masih sering nyeri atau nggak, atau warna darahnya masih nunjukkin ketidak normalan atau nggak. Kalau nggak ada perubahan, atau bahkan semakin parah dan berantakan, kita bisa berkonsultasi ke dokter (ginekologi) untuk dapetin penanganan lebih lanjut.

Author 1 Last Updated 06/24/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.