Get your FREE
sample now!
Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya Yang Perlu Kamu Tahu

Jenis Aroma Vagina dan Penyebabnya Yang Perlu Kamu Tahu

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Vagina yang sehat normalnya punya sedikit aroma, tapi kalau aromanya udah mengganggu wah udah harus waspada nih.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi aroma vagina. Bisa dari apa yang kita makan, kondisi kesehatan, juga termasuk siklus menstruasi. Biasanya ketika masuk masa menstruasi (haid) aroma vagina akan semakin menyengat dan di lain waktu, vagina bisa mengeluarkan aroma lainnya. Supaya bisa membedakan mana aroma vagina yang normal dan nggak, yuk cek 7 jenis aroma vagina dan penyebabnya di artikel ini

 

#1 AROMA ASAM SEPERTI MAKANAN FERMENTASI

article-image

Kalau agak bingung seperti apa aromanya, ini sama kayak aroma makanan fermentasi. Tapi jangan khawatir, ini tandanya vagina kita sehat. Aroma menyengat itu disebabin karena keasaman pH vagina yang sehat untuk menjaganya dari bakteri jahat. So, jaga terus pH vagina supaya tetap seimbang ya.

  #2 AROMA VAGINA MANIS article-image

Aroma manis seperti wangi kue atau permen ini juga gak perlu dikhawatirin. Aroma manis ini disebabin karena ada perubahan ekosistem bakteri di vagina. Selain itu aroma manis ini juga bisa disebabin karena makanan atau minuman yang kita konsumsi, misalnya jeruk atau nanas.

 

#3 AROMA MUSKY

article-image

Aroma ini biasanya muncul kalau kita lagi berkeringat karena banyak beraktivitas. Misalnya habis olahraga. Aroma musky biasanya gak akan mengganggu tapi akan semakin parah kalau kita pakai panty yang ketat atau bahannya gak menyerap keringat, sehingga vagina akan kesulitan “bernapas.”

Makanya pilih panty dengan celana dalam berbahan katun dan pakai pantyliner yang breathable seperti Softex Natural Cool+ Pantyliner. Kandungan ekstrak daun mint dan daun sirihnya bisa ngasih sensasi dingin alami, selain itu ampuh mencegah lembap danpertumbuhan bakteri serta bau. 

 

#4 AROMA AMIS KAYAK IKAN BUSUK

article-image

Vagina gak seharusnya ngeluarin bau menyengat, bahkan terlalu amis kayak ikan busuk. Biasanya bau amis menyengat ini karena dua hal, Backterial Vaginosis atau Trichomoniasis. Bacterial vaginosis terjadi bila jumlah bakteri tumbuh berlebihan di area vagina, dan biasanya disertai rasa gatal, keputihan berlebih yang gak normal, serta rasa terbakar pas lagi buang air kecil.

Sedangkan Trichomoniasis adalah salah satu penyakit menular seksual yang dibawa oleh parasit. Kedua penyakit ini harus segera dapat penanganan dokter.

 

#5 AROMA METALIK ATAU LOGAM

article-image

Biasanya aroma ini akan tercium kalau udah mendekati masa menstruasi (haid).kita Kandungan zat besi di dalam darah punya aroma logam yang khas. Kamu gak perlu khawatir, terkecuali aroma ini muncul di luar waktu siklus menstruasi (haid). Karena bisa aja kamu ngalamin pendarahan akibat dari hubungan seksual atau cedera.

 

#6 AROMA PEMUTIH (BLEACH) ATAU KLORIN

article-image

Aroma pemutih yang kayak biasa kita cium dari deterjen atau kayak air di kolam renang ini lebih ke aroma urine yang dikeluarkan pas kita buang air kecil. Aroma ini muncul bisa karena tubuh lagi dehidrasi, ataupun karena produk misalnya menggunakan pembersih atau pelumas.

#7 AROMA BUSUK DAN MENYENGAT

article-image

Kalau kamu mencium aroma busuk dan menyengat yang diiringin dengan demam tinggi plus rasa nyeri di area perut bawah, bisa jadi ini adalah gejala penyakit radang panggul. Dilansir dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS, penyakit radang panggul sering disebabin oleh bakteri yang pindah dari vagina atau leher rahim ke dalam rahim dan organ reproduksi lainnya. Penyakit ini cukup serius karena kalau gak segera ditanganin bisa ngakibatin kemandulan.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.