Get your FREE
sample now!
Jenis Benjolan Vagina yang harus kamu tahu

Jenis Benjolan Vagina yang harus kamu tahu

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Munculnya benjolan di area vagina pasti bikin kita was-was dan khawatir. Kalau ini terjadi sama kamu, tetap tenang. Benjolan di vagina pada dasarnya sih gak membahayakan, selama kamu tahu dan mengerti ciri serta gejalanya. Kira-kira ada 6 jenis benjolan vagina yang harus kamu tahu beserta penjelasannya, yuk cek lebih detail di bawah.

1. JERAWAT KARENA BAKTERI ATAU PERADANGAN

article-image

Jerawat vagina terjadi karena ada rambut gak tumbuh, tumpukan bakteri, atau adanya peradangan yang muncul di tempat tumbuhnya rambut kemaluan (pubis). Ukurannya sama kayak jerawat di wajah, dan biasanya hiilang dengan sendirinya. Jerawat vagina paling sering terjadi dan biasanya gak berbahaya.

2. RADANG FOLIKEL RAMBUT (FOLIKULITIS)

article-image

Benjolan vagina ini disebabin karena infeksi bakteri atau jamur yang bikin gatal, perih, dan bernanah. Sedikit mirip dengan jerawat. Biasanya sih nggak berbahaya, tapi radang folikel rambut yang parah bisa bikin bekas luka dan hilangnya rambut kemaluan (pubis) secara permanen.

3. SEBACEOUS CYST DI BAGIAN LABIA (BIBIR VAGINA)

article-image

Atau disebut juga kista sebaceous. Benjolan vagina atau kista ini bikin kulit vagina jadi menggembung. Karena gak nimbulin rasa sakit, biasanya kita baru sadar ada benjolan ketika sedang membersihkan vagina. Biasanya sih akan hilang dengan sendirinya, tapi kalau lebih dari 2 minggu atau sebulan tetap masih ada, sebaiknya segera cek ke dokter.

4. KISTA BARTHOLIN PADA BAGIAN LUAR VAGINA

article-image

Kista Bartholin terjadi karena penyumbatan saluran Bartholin akibat infeksi, bakteri, ataupun peradangan. Ukurannya kecil dan bisa membesar dalam kurun waktu beberapa jam saja. Bisa bikin kita kesulitan berjalan, duduk, bahkan muncul rasa demam.

5. HERPES GENITAL ATAU SIPILIS

article-image

Sama kayak kutil kelamin, Herpes Genital termasuk dalam penyakit menular seksual yang terjadi karena virus Herpes Simplex atau HSV. Gejalanya yaitu muncul rasa kesemutan, gatal, benjolan atau lepuhan berisi cairan bening ataupun nanah. Selain itu bisa nyebabin demam dan rasa nyeri pada area alat kelamin maupun bokong. Menurut Healthline dan CDC, sampai saat ini belum ada pengobatan untuk Herpes Genital dan sekali terkena, it’s a game over. Karena penyakitnya akan selamanya ada sementara antibiotik hanya sebagai bantuan supaya sakitnya berkurang.

6. GEJALA KANKER VULVA DAN VAGINA

article-image

Biarpun kondisi ini sangat jarang terjadi, tapi tetap aja kita harus waspada dan jangan menganggap remeh. Benjolan vagina yang berarti gejala kanker vulva dan vagina kebanyakan menyerang perempuan berusia dewasa, punya kebiasaan merokok, atau ada riwayat infeksi virus HPV di vagina. Catat! Selain muncul benjolan di dalam vagina, kanker vulva dan vagina juga menimbulkan gejala seperti: Terjadi perubahan warna di kulit kelamin Kulit kelamin jadi menebal Muncul luka yang gak sembuh-sembuh Ada rasa terbakar lebih dari seminggu Pendarahan pada vagina di luar dari siklus menstruasi (haid) atau terjadi keputihan abnormal Terasa nyeri pada vagina dan keluar pendarahan ketika melakukan hubungan intim Nah itu dia ke-6 jenis benjolan pada vagina yang harus kamu tahu. Jangan ragu untuk periksakan ke dokter kalau muncul benjolan di vagina yang udah bikin kamu gak nyaman. Better safe dan sorry! ________________________________________ Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.