Get your FREE
sample now!
Payudara Nyeri dan Kencang 5 Alasan Ini Mungkin Penyebabnya

Payudara Nyeri dan Kencang? 5 Alasan Ini Mungkin Penyebabnya

Author 1 Last Updated 05/08/2024 2min

article-image

Payudara yang tiba-tiba nyeri dan kencang tentunya bikin kita gak nyaman. Kondisi ini biasanya bakal kita alami ketika mau menstruasi (haid), selama kehamilan, dan menyusui. Tapi kadang ada kondisi lain di luar hal tersebut, kira-kira kenapa ya?  Kondisi payudara yang nyeri dan kencang artinya bisa serius, tapi ada juga yang nggak. Jadi kamu jangan panik, dan coba cek 5 alasan dan gejalanya kenapa payudara kita bisa nyeri dan kencang.

article-image

SALAH PILIH BRA

Bra yang kita pakai ukurannya gak pas, bisa jadi ukurannya terlalu kecil atau besar sehingga tali dan cup yang menopang payudara terlalu kencang. Bra yang salah ukuran gak bisa ngasih fungsi maksimal, bikin payudara kencang dan area dada terasa nyeri. Selain itu, kita bakal ngerasa sakit di bagian punggung, pundak, leher, dan bahu. Kalau ini yang kamu rasakan, pilih bra dengan ukuran yang benar ya. Kalau gak tau gimana cara mengukur payudara, kamu bisa minta bantuan pramuniaganya.

 

CEDERA PADA PAYUDARA

Cedera pada payudara ini bisa diakibatkan dari berbagai hal. Bisa jadi kamu pakai tas selempang yang terlalu berat jadi menghimpit payudara, tidur dengan payudara di bawah sehingga terjepit antara kasur dan badan, atau bisa juga gak sengaja terpukul. Kalau nyerinya terasa terus menerus, jangan ragu cek ke dokter ya

 

PAYUDARA MASIH DALAM PERTUMBUHAN

Ukuran payduara bisa berubah-ubah, terutama kalau kita masih dalam pertumbuhan yang dimulai sejak umur 8 tahun. Pertumbuhan payudara ada beberapa tahap, jadi kembali ke point satu, pastikan bra yang kamu pakai benar supaya pertumbuhan payudara gak terhambat.

 

PERUBAHAN HORMON MENJELANG MENSTRUASI (HAID)

Melansir dari John Hopkins Medicine, perubahan hormon estrogen dan progesteron adalah alasan utama kenapa perempuan sering merasakan sakit pada payudaranya. Biasanya lima hari menjelang haid, payudara kita bakal terasa gak nyaman dan akan hilang setelah menstruasi (haid) selesai. Coba kompres dengan air hangat untuk meredakan sakitnya ya.

 

GEJALA PENYAKIT ATAU KOMPLIKASI PAYUDARA

Gejala yang paling terlihat adalah bila nyeri dan rasa kencang tersebut gak hilang biarpun udah lewat 7 hari. Selain itu, muncul ruam, kemerahan, ada benjolan, keluar darah dari puting, dan ada benjolan. Kalau udah gini, artinya ada gejala penyakit serius seperti kista sampai kanker payudara. Cepat konsultasikan ke dokter ya, jangan ditunda!

article-image

Nah itu dia 5 alasan kenapa payudara bisa terasa nyeri dan kencang. Jangan lupa untuk selalu lakukan SADARI (PERIKSA PAYUDARA SENDIRI) untuk deteksi dini bila ada ketidak normalan pada payudara dan bila ada gejala kanker payudara.

 

Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 05/08/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.