Get your FREE
sample now!
Waspadai Mioma Penyebab Haid Tidak Teratur

Waspadai Mioma, Penyebab Haid Tidak Teratur

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

31 May 2022 What's Happening

article-image Photo by Polina Zimmerman

Normalnya, perempuan mengalami siklus haid setiap 28 hari tapi pada setiap perempuan siklusnya dapat berbeda-beda atau bervariasi ya, Girls. Kadang-kadang bisa datang lebih cepat atau lebih lambat beberapa hari. Namun, apabila siklus haid terjadi lebih dari 35 hari atau durasinya terus berubah-ubah, kondisi ini perlu kamu waspadai.

Haid yang nggak teratur menandakan ada masalah pada tubuh kamu lho! Salah satu penyebab haid tidak teratur adalah mioma, pertumbuhan abnormal jaringan otot yang terbentuk di dinding rahim. Tumor ini seringkali muncul di masa subur dan bersifat jinak.

Apa itu Mioma?

article-image

Mioma memang nggak berbahaya, tetapi bisa menyebabkan pendarahan vagina kamu jadi tidak teratur dan terasa nyeri di panggul. Namun mioma juga sering nggak menimbulkan gejala sama sekali dan mengecil setelah menopause. Sekitar 3 dari 4 perempuan mengalami mioma, sehingga sangat umum terjadi.

Hormon estrogen dan progesteron berperan dalam pertumbuhan miom sehingga muncul suatu pertumbuhan jaringan di dinding rahim yang tidak normal. Ini mungkin alasan mengapa mioma cenderung mengecil setelah menopause, karena produksi hormon juga menurun. Selain itu, mioma juga meningkatkan produksi faktor angiogenik seperti faktor pertumbuhan fibroblast dan mengurangi produksi faktor pembekuan darah. Hal ini yang menjadi penyebab pendarahan pada mioma. Kebanyakan perempuan yang memiliki mioma tidak mengalami gejala apapun. Gejala mioma biasanya dipengaruhi oleh lokasi, ukuran, dan jumlah tumor tersebut. Namun, beberapa gejala yang muncul akibat mioma adalah sebagai berikut:

  • Haid tidak teratur
  • Pendarahan hebat
  • Anemia
  • Nyeri pada panggul
  • Perubahan kesuburan
  • Bagaimana Proses Pengecekan Mioma dan Perawatannya?

    article-image

    Mioma dapat didiagnosa oleh dokter dengan beberapa cara, seperti ultrasonografi. Namun, prosedur ini disarankan dijalani oleh mereka yang berusia 30 tahun dan termasuk kelompok berisiko tinggi, seperti kelainan menstruasi.

    Pada cara ini, perangkat akan dimasukkan ke dalam vagina untuk melihat bagian dalam rahim. Perangkat dimasukkan untuk melihat gambar yang lebih jelas daripada USG perut. Selain itu, metode lain seperti MRI atau pemeriksaan histeroskopi juga dapat dilakukan untuk mendiagnosis mioma.

    Dalam kasus mioma berukuran kecil, dokter akan mempertimbangkan penggunaan obat pereda nyeri atau pil kontrasepsi. Untuk perempuan yang memiliki jumlah pendarahan menstruasinya tidak normal, dokter akan meresepkan obat suplemen zat besi untuk mencegah anemia.

    Sementara, untuk kasus yang besar atau gejala yang lebih parah, dokter dapat mempertimbangkan operasi sebagai bentuk pengobatan yang paling efektif. Ada beberapa kasus dimana penderita mioma berisiko mengalami mioma kembali. Untuk itu beberapa dokter akan mempertimbangkan pengangkatan rahim.

    Nah apabila kamu mengalami beberapa gejala dan gangguan saat menstruasi, segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut ya girls. Yuk, temukan informasi bermanfaat lainnya mengenai menstruasi di Instagram @womenhealthypedia!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30