Get your FREE
sample now!
Info Penting Seputar Haid Pertama Yang Harus Kamu Tahu

Info Penting Seputar Haid Pertama Yang Harus Kamu Tahu!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Menstruasi (haid) pertama atau menarche adalah tanda fisik kalau anak perempuan sudah masuk masa pubertas. Buat kamu yang belum ataupun baru dapat menstruasi (haid) pertama, yuk cek di sini beberapa informasi penting yang wajib kamu tahu supaya nggak bingung.

KAPAN AKU DAPAT MENARCHE?

Umumnya menarche terjadi pada usia 11-16 tahun. Dan menurut medis dibagi jadi tiga kategori:

  • Pubertas prekoks atau menarche dini, menarche yang terjadi di usia 8 – 10 tahun. Walaupun ada yang bilang hal ini termasuk normal tapi menarche dini punya beberapa risiko kesehatan.
  • Menarche normal, menarche terjadi pada usia 11 – 13 tahun.
  • Menarche tarda, menarche yang terjadi pada usia 14 – 16 tahun.
  • Ada banyak faktor terjadinya menarche, tapi bila rentang usia kita di luar dari ketiga kategori di atas, misalnya sudah berusia 17 – 18 tahun belum juga dapat menarche ada kemungkinan kita mengalami amenorrhea atau kondisi kita gak mengalami menstruasi. Segera periksakan ke dokter ya.

    APA SIH YANG TERJADI KETIKA KITA DAPAT HAID PERTAMA ATAU MENARCHE?

    Sebenarnya tubuh udah ngalamin beberapa perubahan fisik duluan sebelum menarche datang. Contohnya payudara dan bulu pubis atau kemaluan mulai tumbuh, muncul rambut ketiak, pinggul mulai terbentuk, dan tinggi badan berubah.

    Semua ini termasuk dalam tahapan pubertas fisik pada anak perempuan. Atau masa transisi dari anak-anak menuju remaja. Tubuh perempuan sendiri punya empat fase selain menstruasi (haid), dan pada saat menarche tubuh kita ngalamin:

    article-image

    KELUAR KEPUTIHAN

    Satu atau dua tahun (tapi bisa juga beberapa bulan) sebelum menarche datang, vagina kita akan mengeluarkan cairan dengan tekstur kental yang disebut vaginal discharge (keputihan). Kamu gak usah panik, karena cairan ini normal sebagai persiapan organ reproduksi untuk terjadinya menstruasi (haid).

    Sebelum ovulasi atau pelepasan sel telur, di fase ini ada banyak cairan yang diproduksi. Makanya kita akan merasa “becek” di area vagina lebih daripada biasanya. Keputihan yang normal menurut medis biasanya berwarna putih bening atau putih susu, gak berbau, dan gak nimbulin rasa gatal.

    Nah setelah mengalami keputihan, pada saat itu sistem reproduksi kita sudah benar-benar siap, dan biasanya gak berapa lama menarche akan muncul.

    MUNCUL FLEK KECOKELATAN

    Flek cokelat adalah tanda-tanda menarche sudah sangat dekat. Warnanya kecokelatan karena darah teroksidasi di dalam rahim dan jumlahnya sangat sedikit, bahkan ada beberapa yang hanya berupa garis warna cokelat aja. Tapi lama-kelamaan flek cokelat ini akan berubah jadi merah dan tentu aja jumlahnya akan bertambah banyak. Congrats our period is coming!

    Nah, di saat keputihan dan flek cokelat inilah dari jauh-jauh hari kamu udah harus siapin pantyliner dan pembalut yang bisa mensupport kebutuhan menarche-mu. Jangan memilih pembalut sembarangan ya, pilih pembalut yang udah teruji klinis dan aman untuk kulit sensitif kita.

    Kalau kamu belum tahu harus pakai pembalut apa, kamu bisa pilih 911 First Period Package yang di dalamnya udah ada pantyliner dan pembalut dengan varian ukuran lengkap untuk satu siklus. Mau dari light-flow hingga heavy-flow, Softex Comfort Slim pasti siap nemenin hari-hari menstruasi (haid) kamu.

    article-image

    EMOSIONAL ATAU MOOD NAIK TURUN

    Mood gak karuan, sedetik nangis, sedetik seneng, sensitif sama segala hal tapi gak tahu alasannya apa. Semua hal emosional yang kita alamin ini disebut dengan Premenstrual Syndrome (PMS). Biasanya PMS muncul satu minggu sebelum menstruasi (haid) datang.

    Buat kamu yang belum pernah dapat menstruasi (haid) sebelunya mungkin akan berpikir “duh gue kenapa sih??” dan gak tahu harus ngapain. Gak usah kuatir, PMS ini hal yang normal kok dan cenderung akan berulang fasenya tiap mau menstruasi (haid).

    Kamu bisa cari tahu gimana cara mengatasi PMS dengan beberapa trik how to handle PMS di website Happifyourworld, misalnya ngedengerin lagu favorit. Atau kamu juga bisa follow Instagram @Happifyourworld untuk cari tahu tips and trik ngatasin menarche. Kalau masih bingung dan punya banyak pertanyaan, kamu boleh banget kok DM kami kapanpun juga. Curhatin deh apa yang kamu rasakan, dan kami siap membantu kamu.

    article-image

    ADA PERUBAHAN FISIK LAINNYA

    Selain perubahan dari dalam dan juga mood, ada lagi perubahan fisik yang bakal kita alamin ketika menarche. Moms harus tahu juga nih supaya bisa bantu anak perempuannya melalui masa menstruasi (haid)-nya!

    Karena menarche dipengaruhi oleh hormon, ketidakseimbangan hormon bisa berefek pada kondisi fisik kita. Kita yang semula jadi laperan, tau-tau kehilangan napsu makan. Ngerasa mual, kembung kayak ada gas di perut (agak mirip dengan gejala maag), ada rasa nyeri sakit dan kram di bagian perut bawah, punggung (lower back pain), dan ada beberapa kasus kaki bisa bengkak. Belum puas dengan semua itu, muncul juga jerawat puber! Duh.

    WHAT TO DO?? Nah, yang bisa kamu dan moms lakukan, usahain jangan makan makanan yang mengandung kafein, gula, junk food, dan dairy product. Beberapa makanan atau minuman ini hanya akan membuat kondisi fisik kita di saat menstruasi (haid) semakin parah. Sebaiknya konsumsi makanan yang tinggi vitamin C, bromelain (seperti nanas), dan jangan lupa minum air yang cukup supaya gak dehidrasi.

    article-image

    PENTING!

    Menarche bukan hanya sekedar vagina mengeluarkan darah tiap bulannya, tapi menarche juga sudah dianggap sebagai alarm tubuh dari dalam. So, be mindful with our menstruation!

    Ketika kita udah dapat menarche, perhatiin benar-benar apa yang kita alamin tiap bulannya. Catat dan hitung siklus per bulannya, cari tahu gejala menstruasi (haid) yang normal dan nggak, gitu juga dengan PMS.

    Pastikan menstruasi kita tetap berjalan normal setiap bulannya ya!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.