Get your FREE
sample now!
Istilah-Istilah Dalam Menstruasi

Istilah-Istilah Dalam Menstruasi

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Nggak cuma buat yang baru pertama kali menghadapi menstruasi (haid), banyak juga lho dari kita yang masih ngerasa asing sama istilah-istilah yang berhubungan sama menstruasi (haid). Apa aja?

MENARCHE

article-image

Menarche (dibaca: menars) adalah istilah untuk siklus menstruasi yang pertama kali dialami oleh perempuan, dengan rentang usia 10-15 tahun. Saat memasuki masa puber, tubuh perempuan bakal mengalami berbagai perubahan, salah satunya terkait dengan organ reproduksi. Dipengaruhi dengan perubahan hormon, organ reproduksi kita mulai aktif untuk mempersiapkan kehamilan, mulai dari aktifnya produksi sel telur di uterus dan siap untuk dibuahi oleh sperma yang dimiliki oleh laki-laki dan dipertemukan dalam aktivitas seksual. Tapi saat nggak dibuahi oleh sperma, sel telur yang diproduksi tadi akan luruh bersama jaringan dinding rahim dan inilah yang dinamakan dengan proses menstruasi. Siklusnya menstruasi (haid) akan datang setiap bulannya, dan normalnya berlangsung selama 3-7 hari.

PMS(PRE-MENSTRUAL SYNDROME)

article-image

Selain kata menstruasi, perempuan pasti bakal akrab banget sama istilah PMS atau singkatan dari Pre-Menstrual Syndrome. PMS adalah sindrom yang dialami oleh setiap perempuan menjelang menstruasi, dikarenakan perubahan kadar hormon yang terjadi di dalam tubuh. Disebut pre-menstrual karena keadaan ini muncul beberapa hari sebelum menstruasi, dan perubahan hormon ini ternyata berpengaruh banget sama fisik dan emosi kita. Kalau dari fisik, tanda PMS yang akan terasa bisa seperti rasa lelah, payudara nyeri, sakit di area pinggang, sakit kepala, jerawatan, dan sebagainya. Sedangkan untuk sisi emosi, kita akan jadi lebih sensitif, uring-uringan, mudah menangis, suasana hati yang nggak stabil dan lain sebagainya. Nggak perlu khawatir, biasanya kondisi in iakan hilang seiring dengan keluarnya menstruasi (haid). Tapi kalau kondisi ini nggak berubah bahkan sesudah menstruasi (haid) selesai dan malah lebih parah, bisa jadi kita mengidap PMDD atau Premenstrual dysphoric disorder seperti yang pernah dibahas di artikel MENSTRUASI BISA MEMICU DEPRESI? berikut. Konsultasikan ke dokter untuk dapat penanganan khusus ya.

MENORRHAGIA

article-image

Menorrhagia adalah istilah medis buat pendarahan menstruasi (haid) yang waktunya cukup lama dan keluar secara berlebihan. Di tahap normal, rata-rata volume darah yang kita keluarkan selama menstruasi (haid) adalah 30-40 ml. Nah kalau menorrhagia, biasanya seseorang mengeluarkan lebih dari itu, yang berkisar di antara 60-80 ml dan bisa beda-beda di setiap perempuan. Durasi keluarnya darah menstruasi juga bisa lebih dari 7 hari. Tapi yang jelas, kondisi ini bikin kita lebih sering ganti pembalut dari biasanya karena lebih cepat penuh, bahkan bisa sampai 1-2 jam sekali. Penyebabnya bisa macam-macam dan bisa ditangani kok, lengkapnya bisa dibaca di artikel MENGENAL MENORRHAGIA, MENSTRUASI BERLEBIHAN ini ya!

METRORRHAGIA

article-image

Berbeda dengan Menorrhagia, Metrorrhagia adalah perdarahan dari vagina yang terjadi di antara dua periode menstruasi (haid). Dalam kasus ini, menstruasi (haid) kita nggak teratur, kadang dalam satu bulan mengalami dua kali menstruasi (haid), tiga kali, dan justru keluar darah di luar siklus yang semestinya. Penyebabnya juga bisa beragam banget, mulai dari hormon yang nggak seimbang, adanya infeksi, miom, hingga kanker. Buat mendeteksinya, disarankan banget kita memperhatikan siklus menstruasi (haid) tiap bulan dengan rajin menghitungnya. Caranya mudah kok, bisa dicontek di artikel CARA MENGHITUNG SIKLUS BULANAN supaya nggak meleset. Dengan begitu, kita jadi tahu apakah siklus menstruasi (haid) kita bermasalah atau nggak.

DYSMEN0RRHEA

article-image

Nah, kalau ini mungkin dialami sama sebagian besar perempuan yang lagi menstruasi (haid). Dysmenorrhea adalah kondisi nyeri pada perut bagian bawah yang dialami oleh perempuan saat menjelang menstruasi (haid). Rasa nyeri ini juga biasa dibarengi dengan sakit di area pinggang bagian belakang, bahkan dalam kondisi tertentu bisa bikin penderitanya mual, muntah, dan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh nggak seimbangnya jumlah hormon di dalam tubuh kita, sehingga memberi efek yang luar biasa sakit ke area perut. Dysmenorrhea sering banget dianggap lumrah sama perempuan, atau bahkan lebay buat sebagian orang yang nggak mengalaminya. Tapi sebenarnya, kondisi nyeri menstruasi (haid) butuh perawatan khusus, terutama kalau rasa sakitnya udah terlalu mengganggu aktivitas, bahkan bikin kita kesakitan parah dan pingsan. Karena, Dysmenorrhea bisa jadi penanda ada yang nggak beres dengan tubuh kita, seperti yang dijelaskan di artikel ini.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.