Get your FREE
sample now!
Pertanyaan Yang Muncul Pas Haid Pertama Kali

Pertanyaan Yang Muncul Pas Haid Pertama Kali

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Dapat menstruasi (haid) pertama kali pasti punya banyak pertanyaan. Tapi kamu gak usah khawatir, karena Happifyourworld ngumpulin 7 pertanyaan seputar menstruasi pertama yang sering ditanyakan. Yuk baca jawabannya di sini!

PERTANYAAN #1 – Kenapa Sih Cewek Bisa Mengalami Haid?

Menstruasi adalah salah satu keunikan dari tubuh cewek! Kita mungkin udah tau kalau haid adalah proses keluarnya darah dari vagina, yang rata-rata terjadi 1 bulan sekali. Tapi mungkin banyak dari kita yang belum paham kalau haid adalah proses dari organ reproduksi yang ada pada tubuh cewek saat lagi bersiap atas kemungkinan kehamilan. Ketika masa persiapan ini, dinding rahim yang berisi pembuluh darah akan menebal dikarenakan kadar hormon estrogen kita meningkat atau disebut dengan endometrium. Proses ini sekaligus merangsang pematangan sel telur di salah satu ovarium, dan siap untuk dibuahi. Tapi kalau kehamilan gak terjadi, dinding rahim akan menipis secara perlahan, dan darah ekstra yang membuatnya tebal tadi akan keluar melalui vagina. Menstruasi (haid) juga bisa berarti tubuh udah masuk masa pubertas.

PERTANYAAN #2 – Kapan Sih Normalnya Cewek Haid Pertama Kali?

Rata-rata, cewek ngalamin menarche atau menstruasi (haid) pertama kali di rentan usia usia 11-14 tahun. Namun bisa juga di atas atau di bawah usia tersebut dengan batas maksimal 16 tahun. Karena menarche terjadi saat hormon dan sistem dari organ reproduksi di dalam tubuh kita udah matang serta berfungsi secara maksimal. Nah supaya fungsinya bisa maksimal ada beberapa faktor yang mempengaruhi, termasuk lifestyle, makanya tiap cewek waktu menarche-nya bisa berbeda-beda.

Menstruasi (haid) berlangsung 2-7 hari dan darah yang keluar masih belum terlalu banyak, beberapa bahkan bisa hanya berupa bercak atau flek darah, dan ini normal kok. Tapi kalau pendarahan menstruasi (haid) lebih dari tujuh hari, segera cek ke dokter ya.

article-image

PERTANYAAN #3 – Perutku Sakit Kram Dan Nyeri Banget Saat Menstruasi (Haid), Normal Kah?

Selama rasa sakit kram dan nyerinya masih bisa ditolerir dan hanya berlangsung selama tujuh hari (gak lebih), masih terbilang gejala normal. Rasa sakit kram dan nyeri pas menstruasi (haid) disebut Dysmenorrhea, yang biasanya kita rasakan saat memasuki siklus awal menstruasi (haid) atau PreMenstrual Syndrome (PMS). Rasa sakit yang kita rasakan bisa bervariasi, dari yang minim sampai ada juga yang sakit sampai ganggu aktivitas harian. Buat ngatasinnya, bisa minum obat, kompres perut, atau dengan gerakan yoga. Kalau sakitnya makin gak tertahankan, segera cek ke dokter ya. Karena bisa aja gejala penyakit.

PERTANYAAN #4 – Cewek Bakal Mengalami Menstruasi (Haid) Selamanya Gak Sih?

Nope. Menstruasi (haid) hanya akan sampai masa menopause tiba, yaitu ketika tubuh atau tepatnya rahim kita udah gak lagi menghasilkan telur sehingga kehamilan gak akan terjadi. Walaupun menopause umumnya dialamin cewek umur 50 tahun ke atas, tapi bukan gak mungkin dialami cewek di bawah usia tersebut (pre-menopause atau menopause dini). Bahkan remaja sekalipun. Penyebabnya macam-macam. Bisa dari stres, pengobatan, atau karena penyakit. Gejala menopause ditandai dengan hot flashes.

article-image

PERTANYAAN #5 – Wajar Gak Sih Kalo Menstruasi (Haid) Gak Datang Tiap Bulan?

Skip menstruasi (haid) atau amenorrhea bisa aja terjadi dan faktor penyebabnya pun macam-macam, biasanya sih karena tubuh kelelahan. Satu masa menstruasi (haid) rata-rata berlangsung antara 3-7 hari, dan umumnya siklus tersebut terjadi tiap 28 hari sekali, walaupun ada juga yang ngalamin menstruasi (haid) setiap 18 hari atau sampai 30 hari. Kenapa siklus menstruasi gak sama? Karena hal ini tergantung dari berbagai faktor, salah satunya lifestyle dan juga umur. Seiring bertambahnya umur, siklus menstruasi juga ngalamin perubahan.

Nah, tanggal haid maju mundur itu wajar kok, selama masih dalam rentang waktu 21-35 hari dan kurang atau lebih dari 7 hari dari waktu sebelumnya. Misalnya nih, di bulan Januari kamu dapat haid tanggal 15, di bulan Februari kalau kamu dapat di tanggal 10 atau 20, itu masih dalam batas wajar. Yang pasti, jangan lupa buat selalu menulis dan menghitung siklus menstruasi (haid) kamu tiap bulan ya.

PERTANYAAN #6 – Ada Gak Sih 'Pantangan' Saat Kita Lagi Menstruasi (Haid) ?

Sebenarnya sih gak ada pantangan khusus yang harus kita jalanin saat kita menstruasi (haid). Hanya aja, ada beberapa hal yang udah terbukti secara medis dan berhubungan sama kesehatan tubuh kita dan sebaiknya dihindari selama kita menstruasi (haid); misalnya kebanyakan minum minuman berkafein karena punya efek mempersempit pembuluh darah dan bikin kita gampang terkena kram perut, atau malas berolahraga karena justru bikin tubuh jadi rentan kena nyeri menstruasi (haid).

PERTANYAAN #7 – Kenapa Pembalut Harus Diganti 3 Jam Sekali?

Kebersihan pas menstruasi (haid) harus jadi prioritas. Gak ganti pembalut seharian berpotensi bikin vagina terlalu lembap, jadi sarang bakteri dan jamur untuk berkembang biak, serta menimbulkan bau yang gak sedap dan vagina gatal. Pastikan kita rajin mengganti pembalut minimal 3 jam sekali supaya vagina kita terhindar dari kelembapan berlebih. Jangan lupa juga untuk pilih pembalut yang nyaman dan gak bikin kita was-was saat beraktivitas karena takut tembus, seperti Softex Comfort Slim. Pake Softex Comfort Slim 36cm, dengan teknologi 3000 Fast Absorb Holes, daya serap tinggi hingga 3000 holes bikin pembalut kita cepat kering dan gak lembap.

article-image

Image: Shutterstock, Doc: Softex Comfort Slim

Foto: Shutterstock

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30