Get your FREE
sample now!
Jenis Gangguan Menstruasi yang Gak Boleh Dicuekkin

Jenis Gangguan Menstruasi yang Gak Boleh Dicuekkin!

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Setiap bulannya kita pasti ngalamin menstruasi (haid). Tapi ada saatnya menstruasi (haid) gak berjalan normal. Ini disebut gangguan menstruasi, atau kelainan yang terjadi pada siklus menstruasi. Ada 5 jenis gangguan menstruasi yang perlu diwaspadai, kayak apa gejala dan penyebabnya? Yuk baca di bawah!

Buat yang belum tahu, siklus menstruasi normalnya terjadi tiap 21 - 35 hari dengan lama menstruasi sekitar 4 - 7 hari. Dan akan berubah sesuai umurnya. Namun, ada kalanya siklus menstruasi terganggu. Misalnya darahnya terlalu banyak atau sedikit, siklus menstruasi gak teratur datangnya, lebih dari 7 hari, dan lain sebagainya. Gak cuma itu, gangguan menstruasi juga bisa dibarengin dengan keluhan berat kayak nyeri, kram haid, dan gangguan emosional.

JENIS-JENIS GANGGUAN MENSTRUASI YANG PERLU KAMU WASPADAI

article-image

MENORRHAGIA / MENORAGIA

Gangguan menstruasi berupa pendarahan berlebihan (heavy bleeding) atau lebih dari 7 hari. Perempuan yang mengalami menorrhagia akan merasakan keluhan seperti:

  • Harus ganti pembalut kurang dari 2-3 jam sekali.
  • Ada gumpalan darah berukuran medium hingga besar lebih dari satu hari
  • Mengalami gejala anemia seperti lemas, pucat, sesak karena pendarahan yang gak berhenti dan banyak..

Ada banyak faktor penyebab menorrhagia, seperti perubahan pola makan, terlalu banyak olahraga sehingga badan kelelahan, gangguan hormon, infeksi atau peradangan di vagina, gangguan tiroid, hingga gejala kanker serviks.

Menorrhagia terbagi menjadi metrorrhagia, siklus haid yang gak teratur. Dan Menometrorrhagia, kondisi gabungan dari menorrhagia dan metrorrhagia, yaitu pendarahan haid yang sangat berat dengan siklus yang sangat gak teratur.

Namun ada juga perempuan yang punya darah menstruasi banyak (heavy-flow) tapi hanya di hari-hari awal, tanpa ada gejala berarti. Nah kalau ini masih termasuk normal ya. Tapi kalau aktivitas kamu padat, tentunya akan sulit kalau harus sering ganti pembalut atau pakai pembalut biasa. Coba deh pakai Softex Celana Menstruasi Ekstrak Daun Sirih, pembalut berbentuk celana yang pas di badan ini punya perlindungan 360-degree protection, pastinya gak akan menghalangi gerakan kita, anti bocor, dan pastinya bebas worry seharian!

AMENORRHEA / AMENOREA

Amenorea dibagi jadi amenorea primer dan sekunder. Amenorea primer adalah kondisi gangguan menstruasi ketika perempuan SAMA SEKALI belum mendapatkan menstruasinya hingga usia 16 tahun. Penyebabnya bisa dari genetik, ada gangguan otak yang mengatur hormon reproduksi, atau ada masalah di indung telur (ovarium) atau rahim. Sedangkan, amenorea sekunder adalah ketika perempuan usia subur berhenti menstruasi selama 3 bulan atau lebih, tapi bukan atau gak hamil. Penyebabnya macam-macam, yaitu:

  • Hamil atau menyusui
  • Menopause
  • Penurunan berat badan yang berlebihan
  • Penyakit tertentu, misalnya tiroid, PCOS, tumor
  • Gangguan rahim
  • Stres atau depresi
  • Efek samping obat-obatan
  • Malnutrisi
  • Kebanyakan olahraga

article-image

DISMENORRHEA / DISMENOREA

Gangguan menstruasi ketika ngalamin nyeri dan kram menstruasi (haid) yang sangat hebat di hari pertama dan kedua di area perut bagian bawah, namun menyebar hingga ke punggung bawah serta paha. Rasa nyeri ini juga bisa disertai pusing, mual, dan muntah.

Penyebab dismenorea karena kadar hormon prostaglandin yang tinggi di hari pertama menstruasi (haid). Nyeri haid jenis ini biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia atau setelah melahirkan. Tapi, dismenorea akibat penyakit tertentu atau adanya kelainan sistem reproduksi biasanya akan berlangsung lebih lama dan semakin memburuk. Misalnya karena endometriosis, miom rahim, kista atau tumor, radang panggul, dan lain sebagainya.

OLIGOMENORRHEA / OLIGOMENOREA

Ini adalah kondisi gangguan menstruasi ketika perempuan JARANG SEKALI menstruasi (haid). Yaitu siklus menstruasi (haid) lebih dari 35 - 90 hari atau dapatnya kurang dari 8 - 9 kali dalam waktu setahun. Oligomenorea sering dialamin remaja yang baru masuk pubertas atau wanita yang mulai menopause. Gangguan menstruasi ini adalah dampak dari aktivitas hormon yang gak stabil di masa-masa tersebut. Selain itu, ada penyebab lain kenapa oligomenorea terjadi, yaitu:

  • Sering melakukan aktivitas atau olahraga berat
  • Kurang istirahat
  • Gangguan ovulasi
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
  • Gangguan makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia
  • Masalah psikologis, yaitu stres dan depresi
  • Efek samping obat-obatan tertentu

POLIMENORRHEA / POLIMENOREA

Polimenorea adalah gangguan menstruasi yang bikin siklus menstruasi kita jadi lebih pendek atau kurang dari 21 hari. Bisa jadi dalam sebulan kita bakal sering ngalamin menstruasi (haid), atau dapat menstruasi (haid) dua kali sebulan.

article-image

Nah bila mengalami kelima gangguan menstruasi di atas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Siapin catatan tentang siklus menstruasi (haid) kita, gejala yang kita alami, sejak kapan gejala tersebut muncul. Informasi yang detail akan sangat ngebantu dokter untuk melakukan diagnosa yang tepat. Kalaupun ada pemeriksaan lebih lanjut, misalnya USG, cek darah, atau lainnya, gak usah takut. Karena pemeriksaan ini adalah penunjang untuk mengetahui apa penyakit kita, penyebabnya, dan bagaimana cara pengobatan yang sesuai.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30