Get your FREE
sample now!
Menopause Dini apa gejala dan penyebabnya

Menopause Dini, apa gejala dan penyebabnya?

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

article-image

Menopause dini adalah kondisi yang gak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi ada gejala medis tertentu yang butuh penanganan lebih lanjut. Apa aja gejala dan penyebab menopause dini yang perlu perempuan tahu? Baca di sini yuk!

 

Menopause adalah kondisi ketika perempuan berhenti berovulasi dan gak lagi ngalamin menstruasi (haid). Sebenarnya menopause adalah kondisi normal yang tiap perempuan pasti ngalamin ketika udah masuk usia (rata-rata) 50 tahunan. Tapi bila terjadi sebelum usianya 40 tahun, ini disebut Menopause Dini.

 

APA PENYEBAB MENOPAUSE DINI?

article-image

Menurut Mayo Clinic, penyebab menopause dini gak dijelaskan secara spesifik tapi ada beberapa faktor yang membuat perempuan ngalamin hal ini, yaitu:

Kebiasaan merokok berat, perempuan yang sering merokok atau perokok berat, gejala menopause dini biasanya akan muncul 1-2 tahun lebih awal dibanding perempuan yang gak merokok.

Faktor genetik, karena biasanya masa menopause perempuan gak jauh beda dengan ibunya. Jadi kalau ibu (atau nenek) ngalamin menopause dini, anak perempuannya punya risiko lebih tinggi.

Terapi radiasi dan kemoterapi, pengobatan kanker punya beberapa risiko termasuk salah satunya menopause dini. Hal ini karena gelombang radiasi yang bisa nyebabin terganggunya ovarium.

Obat-obatan dan penyakit lainya, misalnya seperti penyakit HIV/AIDS, penyakit kronis, autoimun, gangguan psikis, dan lain sebagainya. Oia, berat badan yang terlalu rendah juga bisa jadi penyebab menopause dini lho.

 

GEJALA MENOPAUSE DINI KAYAK APA AJA SIH?

article-image

Perempuan bisa ngalamin menopause dini di umur berapapun. Dikutip dari BBC, menopause dini dialami seorang anak perempuan berusia 15tahun bernama Annabelle yang ngalamin hot flushes di sekujur tubuhnya.

Belajar dari Annabelle, masih dilansir dari Mayo Clinic, ada beberapa gejala menopause dini yang perlu diingat, yaitu:

SIKLUS MENSTRUASI (HAID) SELALU GAK TERATUR. Fase ovulasi semakin gak bisa diprediksi karena waktu antara menstruasi (haid) kita terkadang panjang atau pendek. Flow haid kita pun kadang banyak, kadang sedikit, bahkan gak keluar atau terlewat. Kalau masa siklus menstruasi (haid) lebih dari 60 hari, bisa jadi itu tanda menopause dini.

HOT FLASHES DAN SULIT TIDUR. Hot flashes atau sensasi panas di seluruh tubuh adalah gejala paling umum. Dan biasanya ini bikin kita sulit tidur ditambah selalu berkeringat di malam hari biarpun AC nyala. Tapi kadang, tidur pun juga jadi sulit tanpa adanya hot flashes.

 PERUBAHAN MOOD. Berhubungan dengan point tidur di atas, karena kurang tidur mood kita jadi berantakan. Kesal, stress, bahkan depresi. Terganggu sama hal remeh temeh.

 MASALAH DI VAGINA DAN KANDUNG KEMIH. Ketika level estrogen menurun,

Sebagian perempuan gak terlalu merasakan gejala yang berarti, karena bisa aja gejalanya sangat ringan atau bahkan gak ada sama sekali. Sampai mereka sadar kalau menstruasi (haid) gak kunjung datang. Tapi kalau kamu ngerasa beberapa gejala di atas udah mengganggu. Terutama hot flashes, insomnia, dan depresi, segera konsultasikan ke dokter ya.

Author 1 Last Updated 10/11/2023 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.